alexametrics

Dihantam Puluhan Rudal, Kota Severodonetsk di Ukraina Diduduki Rusia

27 Juni 2022, 12:22:00 WIB

JawaPos.com – Rusia hampir menguasai sebagian besar wilayah Ukraina dalam perang yang sudah berlangsung hampir 4 bulan. Satu kota lagi berhasil diduduki Rusia yakni kota Severodonetsk setelah dihantam puluhan rudal hanya dalam 24 jam.

Wali Kota Severodonetsk mengatakan kota itu sekarang berada di bawah pendudukan penuh Rusia. Puluhan rudal Rusia secara bersamaan menghantam fasilitas militer di barat dan utara Ukraina.

Militer Ukraina mengatakan serangan di wilayah perbatasan Chernihiv diluncurkan dari wilayah sekutu Rusia, Belarusia. Situasi itu membuat kota porak-poranda.

Sementara itu, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan Ukraina dapat menghadapi tekanan untuk menyetujui kesepakatan damai dengan Rusia yang mungkin tidak sesuai dengan kepentingannya. Itu terjadi karena konsekuensi ekonomi dari perang di Eropa.

Reaksi Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky optimis Ukraina akan bisa merebut kembali Severodonetsk. Tak hanya kota itu, ia mengatakan Ukraina akan menguasai kembali semua kota yang telah diduki Rusia, termasuk Severodonetsk.

Dalam pidato video larut malam, Zelensky juga mengatakan Ukraina telah dihantam oleh 45 rudal dan roket Rusia selama 24 jam sebelumnya. Ia meminta rakyatnya untuk lebih semanngat merebut kembali kota-kota yang telah diduduki Rusia.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: