JawaPos Radar

Warga Pakistan Ubah Bukit Gersang Ini Jadi Hutan

27/06/2018, 06:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Warga Pakistan Ubah Bukit Gersang Ini Jadi Hutan
Dari bukit gersang menjadi hutan menghijau (AFP)
Share this

JawaPos.com - Perubahan drastis telah terjadi sekitar wilayah Heroshah, bukit-bukit yang sebelumnya gersang sekarang tertutup hutan sampai ke cakrawala. Di barat laut Pakistan, ratusan juta pohon telah ditanam untuk melawan penggundulan hutan.

Dilansir AFP, pada 2015 dan 2016 sekitar 16.000 orang menanam lebih dari 900.000 pohon eukaliptus yang tumbuh cepat secara reguler. Ini hanyalah sebagian kecil dari upaya menanam di seluruh Provinsi Khyber Pakhtunkhwa.

"Kami harus melakukannya, sebelum tanah itu benar-benar terbakar. Sekarang mereka sudah hijau kembali," kata Manajer Hutan Pervaiz Manan. Dia berkomentar sambil memajang foto-foto hutan itu sebelumnya, ketika awalnya hanya rumput-rumput tipis.

Pohon-pohon menyegarkan kembali menunjukkan keindahan pemandangan di daerah itu. Pohon-pohon bertindak sebagai kontrol terhadap erosi, membantu mengurangi perubahan iklim, mengurangi kemungkinan banjir dan meningkatkan kemungkinan pengendapan.

Penduduk juga melihat ini sebagai dorongan ekonomi. Pemerintah berharap ini akan mencegah mereka dari memotong pohon-pohon digunakan sebagai kayu bakar di daerah listrik jarang terdapat.

"Sekarang perbukitan kami berguna, ladang kami menjadi berguna. Ini adalah manfaat besar bagi kami," kata salah satu warga, Ajbir Shah.

Lebih jauh ke utara, di Swat Khyber Pakhtunkhwa, banyak lembah tinggi digunduli oleh Taliban Pakistan selama masa pemerintahan mereka dari 2006 hingga 2009. Sekarang mereka ditutupi dengan pohon cemara.

"Anda tidak bisa berjalan tanpa menginjak semai," kata Yusufa Khan, seorang petugas departemen kehutanan lainnya.

Perkebunan Heroshah dan Swat adalah bagian dari program 'Billion Tree Tsunami'. Sebuah program pemerintah provinsi dengan menanam total 300 juta pohon dari 42 spesies berbeda yang ditanam di Khyber Pakhtunkhwa.

Lebih dari 150 juta tanaman diberikan kepada pemilik tanah. Sementara langkah-langkah regenerasi hutan yang ketat telah memungkinkan pertumbuhan kembali 730 juta pohon. Kira-kira 1,2 miliar pohon baru tumbuh secara keseluruhan.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up