alexametrics

Di Israel, William Makan Semangka di Atas Pasir hingga Main Sepakbola

27 Juni 2018, 16:00:37 WIB

JawaPos.com – Berjalan-jalan di Pantai Frishman Tel Aviv, Pangeran William tersenyum ramah dan berjabat tangan dengan banyak warga lokal. Keramahannya persis seperti ibunya, mendingan Lady Diana. Ia makan buah semangka di atas pasir bersama sekelompok pemuda Israel. Itulah cuplikan kegiatan Pangeran William dalam kunjungannya ke Tel Aviv dilansir Times of Israel pada Selasa, (26/6).

Saat berkunjung Pangeran William menarik perhatian banyak orang. “Ini adalah pantai yang fantastis,” kata Duke of Cambridge tersebut.

Pangeran William melakukan perjalanan resmi pertama kalinya ke Israel sebagai seorang anggoata Kerajaan Inggris. Ia berbincang-bincang dengan Walikota Tel Aviv Ron Huldai dan memeriksa gubuk penjaga pantai. Dia juga belajar tentang permainan foot volley, sepakbola berpasir dan juga volley pantai.

Di Israel, William Makan Semangka di Atas Pasir hingga Main Sepakbola
Pangeran William berbicara dengan warga lokal Israel (Getty Images)

Sang Pangeran tiba di Israel pada hari Senin, (25/6), setelah menghabiskan satu setengah hari di Yordania. Perjalanan ke pantai itu sebenarnya tidak diumumkan, dirahasiakan dengan hati-hati, dengan jadwal resmi mengatakan kalau Sang Pangeran hanya akan melakukan perjalanan ke pusat Tel Aviv untuk acara yang akan diumumkan selama kunjungan.

Sebelumnya di dekat Jaffa, Pangeran William main sepakbola dengan pemuda Yahudi dan Arab. Ia mempromosikan multikulturalismen dan koeksistensi.

Tak terbantahkan, Piala Dunia di Rusia memicu demam sepakbola, bahkan sepakbola telah menjadi tema kunjungan. Sebelum menuju ke Tel Aviv pada hari Selasa, Pangeran William berbicara mengenai sepakbola Inggris dengan Presiden Israel Reuven Rivlin. Ia memberinya kemeja dari Liverpool, klub sepakbola Inggris kesukaan Rivlin.

Rivlin mengatakan, Israel menyimpan banyak kebiasaan dan hukum Inggris tetapi tidak berhasil mempertahankan tingkat kesukaan yang sama terhadap sepakbola seperti di Inggris. “Saya tahu Anda adalah penggemar Aston Villa, dan saya adalah penggemar Liverpool, tetapi kami masih bisa membicarakan hal itu selama Piala Dunia.”

Rivlin memberikan Pangeran William hadiah dari arsip Museum Yad Ben Zvi. Hadiah itu berupa salinan album foto yang diambil antara 1850 dan 1865 oleh Elizabeth Ann Finn, istri Konsul Inggris di Yerusalem.

Album foto bersejarah itu termasuk foto-foto kunjungan ke Tanah Suci oleh Pangeran Edward, yang kemudian dinobatkan sebagai Raja Edward VII, yang merupakan kakek dari Pangeran William. Almbum itu juga berisi deskripsi kunjungan Pangeran Edward yang ditulis pada saat itu oleh wartawan bernama Yosef Rivlin. Rupanya wartawan itu juga merupakan kakek buyut Presiden Rivlin sendiri.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyebutkan, sepakbola di antara topik yang dibicarakan keduanya. Pangeran William juga dijadwalkan untuk bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Kota Ramallah pada hari Rabu.

Pada hari Kamis, Pangeran William akan mengunjungi Kota Tua Yerusalem. Ia akan mengunjungi Tembok Barat, Gereja Makam Suci, dan Masjid Al Aqsa.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (ina/JPC)



Close Ads
Di Israel, William Makan Semangka di Atas Pasir hingga Main Sepakbola