alexametrics

Kardinal Pell Pernah Minta Bocah Sodomi Dirinya

27 Februari 2019, 21:32:48 WIB

JawaPos.com – Status Kardinal George Pell menjadi jelas kemarin (26/2). Setelah perintah merahasiakan putusan sidang oleh hakim diangkat, media langsung melaporkan bahwa pria 77 tahun itu bersalah atas lima kasus pelecehan seksual. Hari ini (27/2) orang paling penting ketiga di Vatikan tersebut bakal mendengarkan berapa lama hukuman yang diterima.

Kasus tersebut sudah diputus 11 Desember tahun lalu. Namun, hakim melarang hasil itu disebarluaskan karena Pell sedang menjalani sidang lain. Pihak pengadilan beralasan tak ingin juri di sidang lain terpengaruh putusan tersebut.

Pell terancam hukuman maksimal sepuluh tahun penjara untuk tiap-tiap kasus. Saat ini kuasa hukum menteri ekonomi Takhta Suci Vatikan tersebut mempersiapkan banding. ”Kardinal Pell selalu mempertahankan posisinya sebagai orang yang tidak bersalah,” tegas Paul Galbally, pengacara Pell, menurut Reuters.

Menurut BBC, Pell cukup tenang saat mendengarkan putusan juri. Pria itu hanya mengangguk ketika barisan juri menyebutkan kata ”bersalah” lima kali berturut-turut. Dia terlihat pasrah tatkala pembelaan terakhir dari Robert Richter, salah seorang kuasa hukumnya, tak berhasil menggoyahkan sikap juri.

Juri lebih yakin dengan kesaksian korban pelecehan seksual. Cerita yang disampaikan sangat detail dan mengenaskan. Menurut korban, Pell beberapa kali meminta dua remaja telanjang sambil masturbasi. Satu kali, Pell bahkan meminta salah seorang bocah menyodomi dirinya.

Salah satu korban sudah meninggal pada 2014 karena overdosis. Korban yang menceritakan hal tersebut juga mengalami depresi setelah dilecehkan saat masih berusia 13 tahun. ”Saya yakin ini bukan fantasi atau imajinasi. Korban bercerita tentang apa yang dialami,” tutur jaksa penuntut Mark Gibson.

Konferensi Uskup Katolik Australia terkejut dengan putusan tersebut. Sedangkan Vatikan menegaskan bahwa pihaknya menghormati proses hukum di Australia. ”Kardinal Pell terus mengatakan kepada kami bahwa dia tidak bersalah. Juga, dia punya hak untuk membela diri sampai saat terakhir,” ujar Jubir Vatikan Alessandro Gisotti.

Pada kesempatan yang berbeda, Paus Fransiskus menyatakan bahwa Pell tak lagi berurusan dengan kementerian Vatikan. Dia juga dilarang untuk bertemu langsung dengan anak-anak.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (bil/c11/dos)

Kardinal Pell Pernah Minta Bocah Sodomi Dirinya