alexametrics

Begini Penampakan Hotel Tempat KTT Kedua Trump dan Kim Dilaksanakan

27 Februari 2019, 10:02:03 WIB

JawaPos.com – Sebuah hotel bertingkat era kolonial Prancis akan menjadi tempat pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un pada Rabu (27/2). Hotel ini pernah digunakan oleh Pemerintah Vietnam Utara untuk menampung tamu asing selama Perang Vietnam.

Hotel Sofitel Legend Metropole Hanoi telah menjamu para pejabat tinggi dan selebriti Charlie Chaplin pada tahun 1936. Hotel tersebut juga pernah menjadi tempat kampanye antiperang tahun 1970-an. Bahkan Trump sendiri pernah menginap di sana dalam kunjungan baru-baru ini ke Ibu Kota Vietnam.

korut, tiongkok, beijing, kim jong un, trump, as, vietnam, KTT Kedua,
Hotel ini pernah digunakan oleh Pemerintah Vietnam Utara untuk menampung tamu asing selama Perang Vietnam (Hanoi)

Metropole dapat memulai babak baru sebagai simbol perdamaian jika Trump dan Kim, seperti yang diharapkan oleh beberapa pejabat di Seoul dan Washington, secara resmi menyatakan berakhirnya konflik Perang Dingin yang tersisa setelah pertemuan puncak dua hari mereka.

AS dan Korut secara teknis masih berperang, karena Perang Korea 1950-53 berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai.

Trump dan Kim akan bertemu di Metropole pada pukul 6:30 sore pada hari Rabu (27/2). Keduanya akan melakukan obrolan selama 20 menit diikuti dengan makan malam dengan para delegasi, kata Gedung Putih.

Interior elegan Metropole yang berusia 118 tahun dipadati oleh personel keamanan dan staf hotel saat persiapan akhir dilakukan. Sudut jalan terdekat dijaga oleh polisi bersenjata, sementara staf keamanan mencari tanaman pot di sekitar kolam.

Dalam sebuah surat yang didistribusikan sebelum kedatangan para pemimpin, manajer umum hotel memberi tahu para tamu tentang langkah-langkah keamanan yang sangat ketat yang diharapkan dalam beberapa hari mendatang.

Semua kecuali satu pintu masuk ke hotel akan diblokir selama pertemuan puncak dan pos pemeriksaan sementara telah dipasang untuk menyaring tamu. Mereka juga perlu menunjukkan salinan paspor mereka untuk mendapatkan akses ke hotel.

Mantan Kepala Pemasaran Metropole Nguyen Dinh Thanh mengatakan Trump dan Kim kemungkinan memilih Metropole karena kemampuannya menyimpan rahasia.

“Ketika superstar datang ke sini, beberapa jurnalis menawarkan USD 2.000 – USD 5.000 atau lebih kepada staf untuk mengambil foto superstar itu, tetapi itu tidak pernah terjadi,” kata Thanh.

“Itu menunjukkan Metropole memiliki tradisi menjaga rahasia serta mengetahui bagaimana memperlakukan tamu VIP.”

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum



Close Ads
Begini Penampakan Hotel Tempat KTT Kedua Trump dan Kim Dilaksanakan