alexametrics

Kemenlu Pastikan WNI di Tiongkok Tak Ada yang Terkena Virus Korona

27 Januari 2020, 23:50:55 WIB

JawaPos.com – Kementerian Luar Negeri RI lewat Plt Juru Bicara Teuku Faizasyah, memastikan tak ada WNI di Tiongkok yang terkena wabah virus korona jenis baru atau 2019-nCoV. Penegasan ini cukup melegakan karena ada ratusan WNI yang kebanyakan mahasiswa saat ini masih berada di sejumlah wilayah di Tiongkok.

“Baru saja masuk kabar dari Beijing, tidak ada (yang terpapar). Mereka juga sudah komunikasi ke Wuhan dan tidak ada mahasiswa Indonesia yang terkena penyakit tersebut,” sebut Teuku Faizasyah dalam press briefing di Kementerian Luar Negeri, Senin (27/1).

Faizasyah menyebut jumlah WNI yang tinggal di daerah yang dikarantina mencapai 243 jiwa dan mayoritas dari mereka merupakan mahasiswa. Lokasi para WNI tersebut tersebar di sejumlah daerah, termasuk Wuhan yang menjadi pusat dari wabah virus korona. Wilayah lainnya adalah Xianing, Huangshi, Jingzhou, Xianyang, Enshi, dan Shiyan.

“Saat ini seluruh WNI dalam keadaan baik, sehat, dan tidak ada yang terjangkit 2019-nCoV,” imbuh Faizasyah.

Pihak Kementerian Luar Negeri serta KBRI Beijing dan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok terus melakukan komunikasi melalui grup di aplikasi WeChat. Tentunya untuk memonitor keadaan WNI dan mengupayakan pasokan bantuan logistik yang diperlukan.

Seperti diketahui, saat ini tengah terjadi kelangkaan kebutuhan-kebutuhan pokok. KBRI Beijing tengah mengupayakan bantuan logistik bagi para WNI di daerah-daerah karantina dengan berkoordinasi dengan otoritas pemerintahan setempat.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Antara



Close Ads