alexametrics

Miliarder Media Michael Bloomberg Resmi Maju di Pilpres AS 2020

26 November 2019, 02:32:53 WIB

JawaPos.com – Setelah beberapa waktu lalu mengeluarkan wacana siap mengalahkan Donald Trump dalam Pilpres AS pada 2020, miliarder media Michael Bloomberg benar-benar menepatinya. Bloomberg secara resmi menyatakan terjun dalam bursa pencalonan presiden AS dari Partai Demokrat. Tujuannya adalah mengalahkan Trump pada pemilu 2020.

Masuknya Bloomberg menyebabkan siapa saja dari 17 calon dari Partai Demokrat lainnya dapat menggeser presiden dari Partai Republik itu. “Saya mencalonkan diri sebagai presiden untuk mengalahkan Trump dan membangun kembali Amerika,” kata mantan Republikan berusia 77 tahun itu.

“Kami tidak lagi dapat menanggung empat tahun tindakan tidak etis dan sembrono Presiden Trump,” imbuhnya.

Langkah tersebut sekaligus membantah pernyataannya sendiri yang mengatakan pada Maret dirinya tidak berniat menjadi presiden. Bloomberg berarti akan bersaing dengan mantan presiden Joe Biden dan Wali Kota Pete Buttigieg dari South Bend, Indiana untuk menjadi alternatif moderat bagi Senator AS yang liberal Elizabeth Warren dan Bernie Sanders.

Bloomberg, pendiri sekaligus CEO perusahaan media terkemuka Bloomberg LP dan seorang dermawan ternama, memiliki keunggulan finansial dibanding pesaing lainnya di Demokrat. Hal itu terlihat saat dia menghabiskan USD 31 juta dolar dalam iklan di TV yang akan ditayangkan di seluruh negara bagian selama dua pekan ke depan.

Miliarder tersebut berhasil menggaet sekutu dalam partai tersebut dengan advokasi dan kedermawanan dalam perubahan iklim dan dalam memerangi kekerasan senjata. Dia menggelontorkan jutaan dolar ke sejumlah kelompok yang mendorong UU senjata yang lebih ketat.

Bloomberg sendiri akan menghadapi kerugian yang signifikan karena terlambat memulai dalam pencalonan diri di bursa calon presiden. Itu artinya dia akan mengejar pesaing yang telah mengumpulkan staf kampanye selama beberapa bulan.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Antara


Close Ads