alexametrics

Saudi Nyatakan Khashoggi Alami Pembunuhan Berencana

26 Oktober 2018, 17:28:14 WIB

JawaPos.com – Arab Saudi mengatakan, pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi tampaknya telah direncanakan. Hal itu dikatakan otoritas Saudi berdasarkan informasi dari Turki. Padahal sebelumnya Saudi mengatakan, ia terbunuh dalam perkelahian.

Kerajaan Saudi masih menghadapi tekanan yang semakin besar dari dunia yang skeptis terhadap pernyataan mereka. Beberapa negara menuntut jawaban, dan juga ingin mengetahui keberadaan tubuh Khashoggi.

Jaksa penuntut umum Saudi mengatakan dia membuat penilaian terbaru atas dasar bukti yang diberikan oleh Turki.

Khashoggi, AS, arab saudi, trump, MBS, raja salman,
Beberapa negara menuntut jawaban, dan juga ingin mengetahui keberadaan tubuh Khashoggi (AFP)

Setelah pertama-tama bersikeras Khashoggi meninggalkan konsulat tanpa cedera, pihak berwenang Saudi mengatakan dia terbunuh dalam sebuah argumen dan lalu menjadi perkelahian. Sebelum akhirnya menyatakan, Khashoggi terbunuh dalam pembunuhan yang direncanakan.

“Informasi dari pihak berwenang Turki menunjukkan tindakan tersangka dalam kasus Khashoggi telah direncanakan,” kata Jaksa Penuntut Umum Sheikh Saud Al Mojeb.

“Khashoggi adalah korban dari eksekusi di luar hukum yang dilakukan oleh negara Saudi,” kata pakar PBB Agnes Callamard. Dia juga menyerukan penyelidikan internasional.

Secara terpisah, Direktur CIA Gina Haspel memberi penjelasan kepada Presiden AS Donald Trump tentang perkembangan terbaru dalam penyelidikan pembunuhan setelah misi pencarian fakta ke Turki.

Selain itu, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan, Riyadh masih perlu memberikan jawaban atas pertanyaan yang tersisa. Seperti siapa yang memerintahkan serangan itu dan apa yang terjadi pada tubuh Khashoggi.

“Di mana (tubuh)? Anda mengakui mereka melakukannya, tetapi mengapa mereka tidak mengatakan (di mana)?” Kata Cavusoglu mengatakan pada konferensi pers di Ankara dilansir dari AFP Jumat, (26/10).

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (iml/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Saudi Nyatakan Khashoggi Alami Pembunuhan Berencana