alexametrics

Hadapi Migran, Trump Kirim Ribuan Pasukan ke Perbatasan Meksiko-AS

26 Oktober 2018, 15:29:11 WIB

JawaPos.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan mengirim 1.000 pasukan ke perbatasan Meksiko-AS. Ini dimaksudkan untuk menjaga agar tak ada imigrasi ilegal dua minggu sebelum pemilihan kongres.

Ancaman Trump ini dipicu oleh banyaknya migran Amerika Tengah yang melakukan perjalanan melalui Meksiko menuju AS. “Saya menurunkan militer untuk ancaman darurat nasional ini. Mereka akan dihentikan!”, tulis Trump di Twitter.

Namun para migran itu tampak tidak terpengaruh dengan suasana malam karena beberapa ribu dari mereka tidur lebih dari 1.610 km dari perbatasan AS, di Kota Pijijiapan di negara bagian selatan Chiapas, Meksiko, setelah mendaki beberapa jam dari pemberhentian terakhir mereka.

migran honduras, migran, AS, trump, migran jalan kaki,
Trump telah mempertahankan garis kerasnya pada imigrasi sejak menjabat tahun lalu (National Review)

“Apapun yang dikatakan Trump, dia tidak akan menahan kami,” kata Denis Omar Contreras, penyelenggara unjuk rasa dari Honduras, yang berencana membantu memimpin kelompok itu ke Meksiko Utara. Banyak yang mengatakan, rasa takut kembali ke tanah air yang keras lebih besar daripada ancaman presiden.

“Kami telah melarikan diri dari negara kami. Jika kami kembali ke Honduras, geng jahat mungkin akan membunuh kami,” katanya.

Trump telah mempertahankan garis kerasnya pada imigrasi sejak menjabat tahun lalu. Dia sedang mempertimbangkan rencana untuk melarang masuknya migran di perbatasan selatan dan menolak suaka mereka.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (iml/JPC)

Hadapi Migran, Trump Kirim Ribuan Pasukan ke Perbatasan Meksiko-AS