alexametrics

AS Senang Putra Khashoggi Boleh Meninggalkan Saudi

26 Oktober 2018, 12:05:02 WIB

JawaPos.com – Putra jurnalis yang dibunuh Jamal Khashoggi telah meninggalkan Arab Saudi dan tiba di Amerika Serikat. Sumber yang dekat dengan keluarga itu mengatakan kepada CNN, seperti yang diberitakan pada Jumat, (26/10). Salah Bin Jamal Khashoggi, seorang warga negara ganda AS-Saudi, sebelumnya tidak dapat meninggalkan Arab Saudi setelah dilarang bepergian oleh kerajaan beberapa bulan lalu.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mendesak Saudi untuk membebaskan Salah Khashoggi. Wakil Juru Bicara Kemenlu AS Robert Palladino mengatakan, Amerika senang Salah Khashoggi akhirnya bisa meninggalkan Saudi.

Salah Khashoggi adalah putra tertua dari kolumnis The Washington Post yang kini diakui oleh para pejabat Saudi tewas dalam pembunuhan yang dilakukan oleh skuad yang memiliki hubungan dekat dengan Putra Mahkota Mohammed Bin Salman (MBS).

Khashoggi, AS, arab saudi, trump, MBS, raja salman,
Trump mengatakan kepada wartawan bahwa pihak berwenang Saudi telah melakukan kejahatan terburuk yang pernah terjadi. Ia mengatakan MBS mungkin yang bertanggung jawab (Reuters)

Direktur CIA Gina Haspel yang melakukan perjalanan ke Turki Selasa untuk berkonsultasi dengan para pejabat di sana. Ia memberi penjelasan kepada Presiden AS Donald Trump tentang penyelidikan Turki atas kematian Khashoggi.

Menurut The Washington Post, Haspel mendengar audio yang konon merupakan pembunuhan Khashoggi pada 2 Oktober. Palladino menegaskan, Pompeo menghadiri pengarahan Haspel di Gedung Putih, tetapi tidak akan mengkonfirmasi apakah dia mendengar audio atau melihat video yang diklaim dimiliki oleh pejabat Turki.

Dampak dari pembunuhan Khashoggi telah merusak imej Arab Saudi. Sangat mencemarkan nama MBS dan menimbulkan pertanyaan tentang prioritas kebijakan luar negeri AS yang bergantung pada pembiayaan atau kerja sama dengan Saudi.

Trump mengatakan kepada wartawan bahwa pihak berwenang Saudi telah melakukan kejahatan terburuk yang pernah terjadi. Ia mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa MBS mungkin pihak yang bertanggung jawab.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (ina/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
AS Senang Putra Khashoggi Boleh Meninggalkan Saudi