JawaPos Radar

Fantastis, Komputer Pertama Apple Laku Rp 5,6 Miliar

26/09/2018, 13:56 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
apple, komputer, steve jobs
Sebuah komputer Apple-I, yang merupakan produk pertama yang dibuat oleh perusahaan raksasa elektronik itu terjual di lelang seharga 375.000 dolar AS atau setara dengan Rp 5,6 miliar (Medium)
Share this image

JawaPos.com - Sebuah komputer Apple-I, yang merupakan produk pertama yang dibuat oleh perusahaan raksasa elektronik itu terjual di lelang seharga 375.000 dolar AS atau setara dengan Rp 5,6 miliar. Ini merupakan harga yang sangat fantastis.

Mesin komputer Apple pertama  itu dirancang oleh Steve Wozniak, yang dikenal sebagai Woz, Co Founder Apple. Mitra bisnisnya, Steve Jobs, meyakinkannya untuk mengemas dan menjual mesin itu pada tahun 1976 seharga 666 dolar AS.

Ini adalah salah satu model lama yang berfungsi penuh yang diketahui ada saat ini. "Apple-I sangat kurang kuat dibandingkan dengan Apple-II," kata Wozniak seperti dimuat BBC, dilansir RMOL.co, Rabu, (26/9).

"Tapi komputer Apple-I ini menunjukkan kepada dunia formula untuk komputer yang bermanfaatdan terjangkau," sambungnya.

Lelang berlangsung di Boston, Massachusetts pada Selasa (25/9). Pembelinya merupakan pengusaha yang tak mau dikenal. Ia menempatkan tawarannya secara daring.

Diperkirakan Wozniak dan Jobs menjual sekitar 200 komputer Apple-I hanya dalam waktu kurang dari setahun, berkat kesepakatan dengan toko komputer lokal di Palo Alto, California.

Menurut registri online yang tidak berafiliasi dengan Apple hanya ada 79 komputer yang masih ada saat ini.

(met/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up