alexametrics

Iran Jadi Tamu di KTT G7, Tak Ada Jadwal Bertemu Pejabat AS

26 Agustus 2019, 15:14:14 WIB

JawaPos.com – Iran menjadi tamu spesial pada KTT G7 di Biarritz, Prancis. Minggu (25/8) Teheran memastikan bahwa Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif diundang Menlu Prancis Jean-Yves Le Drian. Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Iran menegaskan, dalam KTT G7, Zarif tidak memiliki jadwal pertemuan dengan pejabat AS.

Sebagai tuan rumah, Presiden Prancis Emmanuel Macron punya beberapa agenda utama untuk dibahas. Mulai perang dagang, pembakaran hutan Amazon, hingga membuka kembali dialog dengan Iran. Prancis ingin menekan ketegangan di Teluk dengan mencabut sebagian embargo minyak AS ke Negeri Para Mullah itu. Sebagai gantinya, Iran bakal menaati kesepakatan nuklir yang tertuang dalam Joint Comprehensive Programme of Action (JCPOA) pada 2015 lalu.

“Semua orang ingin menghindari konflik dan Donald Trump tahu dengan jelas tentang poin itu,” tegas Macron sebagaimana dikutip France24. Menurut dia, semua setuju dengan inisiatif Prancis atas konflik di wilayah Teluk tersebut.

Zarif sendiri telah berada di Prancis sejak Kamis (22/8) malam. Bahkan, dia sudah mengunjungi Macron pada Jumat (23/8). Di satu sisi, Presiden AS Donald Trump menampik apa yang dikatakan Macron. Dia mengaku tidak pernah diajak Macron membahas tentang Iran. Trump juga enggan berkomentar banyak terkait kedatangan Menlu Iran, Zarif.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (sha/c17/sof)



Close Ads