JawaPos Radar

Gempa 6 SR Guncang Iran Barat Tewaskan 2 Orang, 241 Luka-luka

26/08/2018, 15:08 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Gempa 6 SR Guncang Iran Barat Tewaskan 2 Orang, 241 Luka-luka
Gempa bumi yang diperkirakan mencapai 6 skala richter (SR) mengguncang Iran barat. USGS dan Kantor Berita Iran, Irna menerbitkan catatan sementara bahwa terdapat dua orang tewas dan 241 mengalami luka (Reuters)
Share this

JawaPos.com - Gempa bumi yang diperkirakan mencapai 6 skala richter (SR) mengguncang Iran barat. USGS dan Kantor Berita Iran, Irna menerbitkan catatan sementara bahwa terdapat dua orang tewas dan 241 mengalami luka.

US Geological Survey Institute (USGS) menyatakan, gempa tersebut terjadi di kedalaman 26 kilometer barat daya Kota Javanroud di Provinsi Kermanshah. Kepala Departemen Darurat Universitas Ilmu Kedokteran Kermanshah Saeb Sharidari mengatakan kepada kantor berita resmi Irna gempa telah menewaskan dua orang dan melukai 241 orang, enam di antaranya mengalami luka parah.

Menurut Sharidari, dua orang tewas adalah seorang wanita hamil dan seorang pria berusia 70 tahun yang menderita serangan jantung pada saat gempa terjadi. Dalam laporan sebelumnya, Gubernur provinsi Houshang Bazvand mengatakan satu orang tewas dan sedikitnya 90 orang terluka.

Gubernur mengatakan kepada kantor berita Iran Tasnim, listrik telah terputus di beberapa desa pascagempa. Kepala Provinsi Kermanshah Bulan Sabit Merah, Mohammad Reza Amirian mengatakan gempa itu diikuti oleh 21 gempa susulan.

Menurutnya terdapat masalah kekurangan persediaan air minum karena kehancuran di beberapa desa. Pusat manajemen krisis yang bertanggung jawab untuk koordinasi bantuan telah didirikan di Kota Javanroud. Selain itu Gubernue Bazvard juga mengatakan bahwa rumah sakit dan amal telah disiagakan.

Namun Direktur Departemen Darurat Reza Mahmoudian meyakinkan bahwa situasinya pascagempa terkendali dan tidak perlu meminta bantuan di provinsi tetangga Kermanshah.

Melalui gambar yang tersebar di media sosial menunjukkan bahwa banyak orang-orang yang dilarikan ke rumah sakit, infrastruktur juga mengalami sedikit kerusakan. Seperti dilansir AFP, laporan pers menunjukkan bahwa gempa itu terasa di luar perbatasan di wilayah Irak.

Iran terletak di dua lempeng tektonik penting dan aktivitas seismik yang signifikan sering terjadi. Sebelumnya, pada November 2017 gempa berkekuatan 7.3 SR juga menewaskan 620 orang di provinsi Kermanshah, serta delapan orang tewas di Irak.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up