alexametrics

Hujan Deras, Tim Sepak Bola Thailand Terjebak Banjir di Gua

26 Juni 2018, 11:48:04 WIB

JawaPos.com – Tim sepak bola muda Thailand terperangkap banjir di dalam sebuah gua. Akan tetapi, pencarian dihentikan sementara waktu sebab terjadi peningkatan volume air akibat hujan yang semakin lebat.

Tim itu berisi anak laki-laki berusia 11-16 tahun dan pelatih mereka yang berusia 25 tahun. Mereka memasuki Gua Tham Luang Nang Non di Provinsi Chiang Rai pada Sabtu (23/6). Pejabat setempat yakin mereka masih hidup.

“Kami telah menemukan jejak-jejak kaki anak-anak dan kami percaya bahwa mereka masih hidup. Tim penyelamat juga telah menyiapkan makanan dan air untuk mereka,” kata Wakil Gubernur Provinsi Chiang Rai, Passakorn Boonyalak, dilansir dari Al Jazeera.

Hujan Deras, Tim Sepak Bola Thailand Terjebak Banjir di Gua
Para penyelam Angkatan Laut Kerajaan atau Thailand Royal Thai Navy SEAL berjuang menyelamatkan tim sepakbola Thailand (Reuters)

Sepeda, ransel, dan perlengkapan sepak bola ditemukan tepat di luar pintu masuk kompleks gua yang terendam banjir di distrik Mae Sai Chiang Rai. Gua tersebut mereka lewati ketika pergi untuk berwisata.

Meningkatnya air menghalangi operasi penyelamatan. Para penyelam Angkatan Laut Kerajaan atau Thailand Royal Thai Navy SEAL berjuang untuk bergerak masuk lebih jauh ke dalam gua, yang diperkirakan memiliki panjang sekitar 6-8 km.

“Kami masuk beberapa kilometer dan dapat memasuki ruang kedua di belakang pintu masuk,” kata anggota tim SEAL, Letnan Naponwath Homsai.

“Di area itu saya melihat sepatu dan tas tertinggal di tanah. Kami yakin para siswa telah masuk lebih jauh,” tambahnya.

Ia mengatakan, mereka akan menunggu pompa air dibawa masuk. Pompa tersebut diharapkan akan membantu mereka mengakses lorong lain. Tim SEAL tiba di lokasi pada Senin pagi untuk memulai pencarian setelah beberapa tim penyelamat lokal tidak banyak membuahkan hasil.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/iml/JPC)

Hujan Deras, Tim Sepak Bola Thailand Terjebak Banjir di Gua