alexametrics

Masalah Baru di Singapura, Muncul Klaster Covid-19 di Dalam Mal

26 Mei 2021, 18:08:59 WIB

JawaPos.com – Klaster Covid-19 terbaru muncul lagi di Singapura. Kali ini terjadi di dalam mal Westgate dan Jem di Jurong East. Para ahli mulai menyelidiki adanya kemungkinan penularan virus lewat udara di dalam ruangan atau aerosol.

Petugas kebersihan yang bekerja di pusat karantina Stay Home Notice Singapura berusia 53 tahun, diidentifikasi sebagai kemungkinan sumber infeksi di mal tersebut. Pakar penyakit menular Paul Tambyah mengatakan petugas pembersih itu tidak mungkin bersentuhan langsung dengan pengunjung pemberitahuan yang tinggal di rumah.

“Sehingga virus entah bagaimana terbawa melalui udara atau melalui permukaan yang terkontaminasi untuk sampai ke tempat yang lebih bersih,” katanya seperti dilansir dari Straits Times, Rabu (26/5).

Baca juga: Buat Surat Terbuka Soal Vaksin Covid-19, Dokter Singapura Picu Polemik

Menurutnya, ada tiga cara penularan utama. Yaitu penularan melalui udara di mana orang terinfeksi dari jarak jauh dengan menghirup tetesan pernapasan yang sangat halus yang dibawa oleh udara dan partikel aerosol. Lalu transmisi melalui kontak dengan tetesan. Dan menyentuh permukaan yang terkontaminasi.

Sebagian besar ilmuwan dan peneliti sepakat tentang transmisi tetesan. Misalnya, sebuah artikel yang diterbitkan oleh jurnal medis Inggris The Lancet pada 1 Mei merinci 10 alasan ilmiah yang mendukung penularan melalui udara. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat juga baru-baru ini menerima bahwa virus Korona dapat menyebar melalui udara.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads