alexametrics

Romania Mau Pindahkan Kedutaannya ke Yerusalem

26 Maret 2019, 12:33:48 WIB

JawaPos.com – Romania akan memindahkan kedutaannya ke Yerusalem. Perdana Menteri Viorica Dancila mengatakan hal itu saat berkunjung ke Washington. Dilansir dari Politico pada Sabtu (24/3), berbicara di dalam Komite Urusan Publik Israel Amerika, kelompok lobi pro-Israel, Dăncilă mengatakan, Pemerintah Romania telah menyelesaikan penilaian peluang untuk memindahkan kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem.

“Saya sebagai Perdana Menteri Romania, dan pemerintah yang saya kelola, akan memindahkan kedutaan kami ke Yerusalem, Ibu Kota Israel,” kata Dancila seperti dilansir Times of Israel.

Pengumuman ini kemungkinan akan memicu reaksi keras. Sebab selama ini Uni Eropa (UE) menilai Yerusalem Timur adalah wilayah Palestina yang diduduki oleh Israel.

Upaya pemindahan itu terjadi ketika hubungan Bucharest dengan UE menjadi tegang. Romania, yang saat ini memegang jabatan presiden bergilir Dewan Uni Eropa, telah berselisih dengan Brussels mengenai aturan hukum.

Dăncilă juga mengatakan, Parlemen Romania akan mengerjakan tiga undang-undang baru di hari-hari berikutnya, yaitu memberikan kewarganegaraan Romania kepada semua orang Yahudi Romania, pemberian kompensasi dan pensiun khusus untuk korban Holocaust di Romania, dan memberikan akses ke arsip negara.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna

Copy Editor :

Romania Mau Pindahkan Kedutaannya ke Yerusalem