alexametrics

Boeing Sedang Terpukul, Tiongkok Borong 300 Pesawat Airbus dari Eropa

26 Maret 2019, 11:13:22 WIB

JawaPos.com – Tiongkok memesan 300 Pesawat Airbus A320 dan A350 XWB. Pesanan ini ditandatangani selama kunjungan Presiden Tiongkok Xi Jinping ke Paris. Kesepakatan ini diperkirakan bernilai puluhan miliar dolar.

Penandatanganan ini terjadi ketika saingannya Boeing sedang terpukul akibat dua kecelakaan fatal pesawat buatannya. Boeing telah mendaratkan semua Pesawat Boeing 737 Max setelah dua kecelakaan fatal di Indonesia dan Ethiopia.

pesawat jatuh, pesawat, kecelakaan pesawat, boeing 737 max, airbus, pesawat airbus, eropa, tiongkok,
Airbus mengatakan, pihaknya menandatangani perjanjian dengan China Aviation Supplies Holding Company yang mencakup pembelian oleh maskapai Tiongkok dari pesawat Airbus termasuk 290 pesawat A320 (AFP)

Airbus mengatakan, pihaknya menandatangani perjanjian dengan China Aviation Supplies Holding Company yang mencakup pembelian oleh maskapai Tiongkok dari pesawat Airbus termasuk 290 pesawat A320, dan sepuluh jet A350 XWB. Kesepakatan itu bernilai sekitar 30 miliar Euro atau USD 34 miliar.

“Kami merasa terhormat diberi kesempatan mendukung pertumbuhan penerbangan sipil Tiongkok dengan pesawat terbang terkemuka kami,” kata Presiden Pesawat Komersial Airbus, Guillaume Faury.

“Jejak kaki kami yang berkembang di Tiongkok menunjukkan kepercayaan abadi kami pada pasar Tiongkok dan komitmen jangka panjang kami kepada Tiongkok dan mitra kami,” tambah Faury dilansir dari BBC, Selasa (26/3).

Kesepakatan itu kemungkinan akan menjadi pukulan bagi Boeing, di bawah tekanan besar setelah dua kecelakaan fatal yang melibatkan Pesawat 737 Max 8 dalam lima bulan.

Banyak negara melarang Pesawat 737 Max 8 terbang di wilayah udara mereka setelah kecelakaan Maskapai Ethiopia awal bulan ini. Boeing kemudian mendaratkan armadanya, Pesawat 737 Max 8 ketika penyelidikan tentang penyebab bencana terus berlanjut.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum

Copy Editor :

Boeing Sedang Terpukul, Tiongkok Borong 300 Pesawat Airbus dari Eropa