alexametrics

4 Negara Arab Kecam AS Akui Dataran Tinggi Golan Milik Israel

26 Maret 2019, 18:20:28 WIB

JawaPos.com – Empat negara Teluk menolak keputusan Amerika Serikat (AS) untuk mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan. Riyadh memperingatkan langkah itu akan merusak proses perdamaian dan mempengaruhi stabilitas regional.

Empat negara itu antara lain adalah Arab Saudi, Bahrain, Qatar, dan Kuwait. Mereka mengecam tindakan Presiden AS Donald Trump untuk mengakui pencaplokan Israel atas dataran itu pada tahun 1981. Mereka mengatakan, Dataran Tinggi Golan adalah tanah Arab, bukan Israel.

“Ini akan memiliki efek negatif yang signifikan pada proses perdamaian di Timur Tengah dan keamanan dan stabilitas kawasan itu,” kata sebuah pernyataan pada kantor berita pemerintah Arab Saudi, SPA.

israel, syria, dataran tinggi golan, arab, trump,
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengunjungi Washington baru-baru ini (Reuters)

Seperti dilansir Reuters, Selasa (26/3), Kuwait dan Bahrain mengatakan, mereka menyesali keputusan Trump tersebut. Sementara itu, Qatar meminta Israel untuk mengakhiri pendudukannya di Dataran Tinggi Golan dan mematuhi resolusi internasional.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengunjungi Washington baru-baru ini. Dia dan Trump menandatangani proklamasi yang secara resmi memberikan pengakuan AS atas kedaulatannya terhadap Dataran Tinggi Golan sebagai wilayah Israel.

Israel merebut Dataran Tinggi Golan dari Syria dalam Perang Timur Tengah 1967 dan mencaploknya pada tahun 1981 dalam suatu langkah yang tidak diakui secara internasional.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum

Copy Editor :

4 Negara Arab Kecam AS Akui Dataran Tinggi Golan Milik Israel