Sejumlah Perusahaan Barat Putuskan Hubungan dengan Rusia

26 Februari 2022, 10:20:00 WIB

JawaPos.com – Beberapa perusahaan Barat memutuskan hubungan dengan Rusia pada Jumat (25/2). Sementara yang lainnya mempelajari apakah dan bagaimana melakukannya, ketika invasi Presiden Vladimir Putin ke Ukraina memicu sanksi dan tekanan untuk meninggalkan beberapa transaksi bisnis.

Bisnis olahraga dan hiburan Eropa termasuk yang pertama mengumumkan langkah tersebut. Klub Liga Inggris Manchester United menarik hak sponsor maskapai penerbangan Rusia Aeroflot. Kemudian Formula 1 membatalkan Grand Prix Rusia 2022, dan penyelenggara kontes lagu Eurovision mengatakan Rusia tidak akan diizinkan untuk berpartisipasi dalam final tahun ini.

“Dimasukkannya entri Rusia dalam kontes (Eurovision) tahun ini akan membawa kompetisi ke dalam keburukan,” kata European Broadcasting Union (EBU) dalam sebuah pernyataan.

Pembuat gadget Dell Technologies Inc mengatakan pihaknya menangguhkan penjualan di Ukraina dan Rusia dan akan memantau situasi dengan cermat untuk menentukan langkah selanjutnya. Aturan baru AS tentang ekspor ke Rusia diumumkan pada Kamis (24/2) mencakup komputer dan Dell menyumbang sekitar 6 persen dari pengiriman komputer ke Rusia pada kuartal terakhir menurut peneliti IDC.

Maskapai penerbangan AS Delta Air Lines Inc mengatakan tanpa memberikan alasan, bahwa mereka telah menangguhkan layanan berbagi kode dengan Aeroflot.

Konsultan pemasaran Dan Sondhelm mengatakan perusahaan berusaha untuk menyeimbangkan risiko reputasi untuk terus berurusan dengan Moskow dengan kepentingan ekonomi mereka dan kekhawatiran mengganggu beberapa investor mereka.

“Ini akan memakan waktu bagi perusahaan untuk membuat keputusan mereka untuk bertindak atau tidak melakukan apa-apa,” kata Sondhelm. “Itu tidak terjadi dalam semalam,” imbuhnya.

Amerika Serikat pada Kamis (24/2) memberlakukan sanksi terhadap Rusia yang menargetkan lima bank besar Rusia, termasuk Sberbank dan VTB yang didukung negara, dua pemberi pinjaman terbesar negara itu, serta individu kaya, dan mengumumkan langkah-langkah kontrol ekspor baru.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads