alexametrics

Tiongkok Minta Warganya untuk Sementara Tak Berkunjung ke AS

26 Februari 2020, 12:12:47 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Tiongkok meminta kepada warganya untuk sementara tak berkunjung ke Amerika Serikat. Hal itu disampaikan oleh Kementerian Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Tiongkok. Kebijakan itu diambil menyusul perilaku yang tidak fair terhadap warga negara Tiongkok di AS.

Seperti diketahui, pemerintah AS memperlakukan para wisatawan Tiongkok terkait pencegahan virus Korona secara tidak fair. Berdasar itu, pemerintah Tiongkok mengingatkan warganya untuk tidak mengunjungi AS dengan alasan keamanan.

Peringatan yang dikeluarkan di Beijing pada Senin (24/2) itu diduga sebagai tindakan balasan atas kebijakan AS sebelumnya. Pada akhir Januari 2020, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular Amerika Serikat mengeluarkan peringatan kepada warganya agar tidak mengunjungi semua wilayah di Tiongkok untuk mencegah paparan virus mematikan bernama COVID-19 itu.

Beberapa maskapai penerbangan AS membatalkan semua rute ke Tiongkok hingga akhir Maret mendatang.

Tindakan itu dibalas Tiongkok. Maskapai Tiongkok, Air China, membatalkan jadwal penerbangan regulernya ke beberapa kota di AS.

Pengusiran tiga koresponden the Wall Street Journal oleh pemerintah Tiongkok pada pekan lalu terkait artikel berjudul “China is the Real Sick Man of Asia” juga turut memanaskan hubungan Tiongkok-AS di tengah upaya pengendalian wabah mematikan COVID-19.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Antara



Close Ads