alexametrics

Menlu Iran Umumkan Pengunduran Dirinya via Instagram

26 Februari 2019, 14:09:41 WIB

JawaPos.com – Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengumumkan pengunduran dirinya secara tidak terduga melalui Instagram pada Senin (25/2). Dia tak memberikan alasan khusus mengenai pengunduran dirinya.

“Banyak terima kasih atas kemurahan hati orang-orang terkasih dan pemberani Iran dan otoritasnya selama 67 bulan terakhir. Saya dengan tulus meminta maaf atas ketidakmampuan untuk terus melayani dan untuk semua kekurangan selama pelayanan saya”, tulisnya di halaman Instagram-nya jzarif_ir dilansir dari Reuters.

menlu iran, Mohammad Javad Zarif, iran,
Assad melakukan kunjungan publik pertamanya ke Iran sejak dimulainya perang Syria pada 2011. Dia bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei dan Presiden Hassan Rouhani (Reuters)

Laporan media yang belum dikonfirmasi mengindikasikan dia mengundurkan diri karena kunjungan Presiden Syria Bashar Al Assad ke Teheran. Namun Zarif tidak diberitahu ada kunjungan itu.

Zarif memainkan peran utama dalam mencapai kesepakatan saat Iran setuju untuk mengekang program nuklirnya dengan imbalan pencabutan sanksi keuangan internasional.

Dia diserang oleh kelompok garis keras anti-Barat di Iran setelah Amerika Serikat menarik diri dari perjanjian Mei lalu. Menerapkan kembali sanksi terhadap ekonomi Iran dan industri minyak yang dicabut berdasarkan kesepakatan.

Assad melakukan kunjungan publik pertamanya ke Iran sejak dimulainya perang Syria pada 2011. Dia bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei dan Presiden Hassan Rouhani.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, dalam sebuah posting di Twitter mengatakan, Zarif dan Rouhani sebagai orang terdepan bagi mafia agama yang korup. “Kebijakan kami tidak berubah, rezim harus berperilaku seperti negara normal dan menghormati rakyatnya”, kata Pompeo.

Seorang juru bicara kementerian luar negeri dan juru bicara misi Iran untuk PBB, Alireza Miryousefi, mengonfirmasi pengumuman pengunduran diri tersebut. Namun, tidak ada pernyataan tentang apakah Rouhani akan menerimanya.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna, Verryana Novita Ningrum

Menlu Iran Umumkan Pengunduran Dirinya via Instagram