alexametrics

Raja Salman Bikin Gempar Ketika Kakinya tak Perlu Menyentuh Pasir di Prancis

26 Februari 2017, 15:05:54 WIB

JawaPos.com – Rencana kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud  telah membuat heboh masyarakat Indonesia. Pasalnya, dari proses persiapannya saja, banyak sekali hal-hal yang luar biasa. Misalnya, Salman membawa berbagai fasilitas mewah dari mulai 1500 rombongan, mobil mewah, hingga eskalator pesawat. Ternyata, soal kecanggihan seperti ini bukan kali pertama ditunjukkan Salman dalam setiap lawatannya.

Dilansir Daily Mail, pada tahun 2015, Salman juga pernah membangun lift di villa mewah di Riviera Perancis. Gunanya untuk menghubungkan dengan tepi pantai. Salman juga membangun tangga dan trotoar dari bahan yang mahal di villa mewahnya di tepi pantai Mirandole Vallauris sehingga kakinya tidak perlu menyentuh pasir.

Aksi Salman ini sempat menyulut kemarahan warga. Wali Kota Vallauris menulis surat kepada Presiden Prancis Francois Hollande mengatakan lift yang akan dibangun dari beton raksasa, melawan hukum perencanaan tata kota.

Kementerian Dalam Negeri Perancis mengumumkan Raja Salman berjanji untuk menghapus semua fasilitas yang baru dibangun pada saat dia meninggalkan Riviera pada 20 Agustus. Saat itu Salman memang berniat akan berlibur.

Wilayah tersebut memang komplek liburan milik kerajaan Saudi. Sebelumnya merupakan milik Pangeran Aly Khan dan aktris Rita Hayworth, istri keduanya. Kemudian dibeli oleh Raja Fahd, Raja Saudi pada tahun 1979.

Perancis diyakini menyetujui langkah itu sebagai bagian dari kewajiban diplomatiknya untuk melindungi keamanan pengunjung. 

Sang bangsawan Raja Salman, memiliki villa tersebut yang digunakan Rita Hayworth sebagai tempat untuk resepsi pernikahan. Sebelumnya Sir Winston Churchill dan Elizabeth Taylor juga menggunakan lokasi tersebut sebagai liburan. (cr1/JPG)

Editor : Thomas Kukuh

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Raja Salman Bikin Gempar Ketika Kakinya tak Perlu Menyentuh Pasir di Prancis