alexametrics

Anaknya Kecanduan Instagram, Ibu-ibu di AS Gugat Meta

26 Januari 2022, 12:33:03 WIB

JawaPos.com – Sejak media sosial (medsos) hadir dan mulai dikenal banyak orang, saat itu juga masalah baru muncul. Telah banyak studi yang menyebut kalau medsos berpeluang membawa dampak buruk bagi penggunanya jika digunakan secara berlebihan. Mulai dari potensi kejahatan dunia maya sampai candu yang sulit diobati.

Fear of Missing Out atau Fomo merupakan salah satu dampak psikologis yang ditimbulkan akibat dari penggunaan medsos yang berlebih. Fomo sendiri merupakan perasaan cemas yang timbul karena sesuatu yang menarik dan menyenangkan sedang terjadi, sering disebabkan karena unggahan di media sosial.

Sudah banyak bukti pula kalau candu medsos mebawa dampak buruk buat penggunanya bahkan sampai timbul keinginan untuk bunuh diri. Seperti ibu di Amerika Serikat (AS) misalnya. Dia menggugat Meta, perusahaan induk Facebook yang juga menaungi Instagram akibat anaknya bunuh diri gegara kecanduan bermain Instagram.

Tammy Rodriguez, demikian nama ibu tersebut, mengatakan putrinya, Selena, kecanduan Instagram dan Snapchat sehingga mengalami depresi, gangguan makan, dan kurang tidur, sebelum bunuh diri.

Dikutip dari New York Post, Tammy mengajukan gugatan terhadap dua induk perusahaan, masing-masing Meta dan Snap, ke pengadilan federal San Francisco pada Kamis (20/1) pekan lalu.

Dalam materi gugatan disebutkan, produk kedua perusahaan itu lemah dari pengawasan orang tua. Selain itu, kedua platform berusaha mengeksploitasi kerentanan pengguna. Dampaknya, Selena harus berjuang selama lebih dari 2 tahun mengatasi kecanduan yang ekstrem sebelum bunuh diri pada Juli 2021.

Tammy yang berasal dari Enfield mengatakan, putrinya Selena mengalami kecanduan berat Instagram dan Snapchat. Ia menyebut, ketika dirinya mencoba membatasi penggunaan kedua aplikasi, sang anak justru melarikan diri dari rumah.

Selena sempat dibawa ke terapis. Menurut gugatan, sang terapis mengatakan dirinya belum pernah melihat pasien yang kecanduan media sosial hingga level ekstrem seperti Selena.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: