alexametrics
Kaleidoskop 2018

SpaceX Mau Jadi yang Pertama Bawa Koloni Manusia ke Mars

25 Desember 2018, 08:10:59 WIB

JawaPos.com – Peluncuran pesawat luar angkasa ke Mars menurut Elon Musk akan segera terlaksana pada 2019. Pendiri Tesla dan SpaceX tersebut mengatakan, pihaknya tengah membangun sebuah pesawat ke Mars atau antarplanet pertama. Pesawat itu juga bisa melakukan perjalanan singkat.

Perusahaan yang didanai secara pribadi itu pada bulan September 2017 ingin mengirim kargo ke Planet Merah pada 2022. Tujuan utama SpaceX adalah menjadi yang pertama membawa koloni manusia ke Mars.

Sistem roket BFR SpaceX diperkirakan mampu terbang antarplanet dan dapat digunakan ulang sepenuhnya. Sekali peluncurannya memakan biaya yang lebih murah dari peluncuran Falcon 1 sebelumnya, yang diperhitungkan Musk sekitar USD 5 juta atau Rp 68,9 miliar.

mars, spacex, elon musk, luar angkasa,
Musk berharap dapat pindah ke sana. Musk juga menolak gagasan bahwa bepergian ke Mars bisa menjadi pintu darurat untuk orang kaya (Reuters)

November lalu, Musk mengatakan bahwa dirinya kemungkinan akan pergi ke Mars. Ada sejumlah terobosan baru yang memungkinkan itu terjadi.

Musk berharap dapat pindah ke sana. Musk juga menolak gagasan bahwa bepergian ke Mars bisa menjadi pintu darurat untuk orang kaya. Ia menjelaskan meskipun mungkin, perjalanan menuju Mars bisa sangat berbahaya.

Sebelumnya, Elon Musk sukses meluncurkan roket Falcon Heavy yang memuat mobil sport Tesla bertenaga listrik pada 7 Februari 2018. Mobil tersebut dikendarai oleh sebuah manekin bernama “Starman” yang duduk di kursi kemudi dan ditargetkan mendarat di planet Mars.

Setelah enam jam mengangkasa, Musk mengatakan jika Starman sedang dalam perjalanan menuju orbit Mars kemudian melanjutkan ke sabuk asteroid.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (iml/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:

SpaceX Mau Jadi yang Pertama Bawa Koloni Manusia ke Mars