alexametrics

Tubuh Khashoggi Dilaporkan Ditemukan di Taman Rumah Konsul Saudi

25 Oktober 2018, 14:21:41 WIB

JawaPos.com – Sky News melaporkan tubuh jurnalis Jamal Khashoggi ditemukan di taman di rumah konsul jenderal Arab Saudi di Istanbul, Turki. Pejabat Turki belum mengkonfirmasi laporan itu.

Laporan Sky News ini bertentangan dengan penjelasan dari pejabat Saudi yang mengatakan bahwa tubuh Khashoggi digulung di karpet dan diserahkan ke seseorang untuk membuang bukti.

Laporan itu juga mengklaim bahwa wajah Khashoggi telah dipotong. Jika benar, ini juga akan bertentangan dengan pernyataan yang diberikan oleh Menteri Luar Negeri Saudi bahwa Khashoggi meninggal selama pertengkaran di konsulat.

Khashoggi, AS, arab saudi, trump, MBS, raja salman,
Laporan Sky News ini bertentangan dengan penjelasan dari pejabat Saudi yang mengatakan bahwa tubuh Khashoggi digulung di karpet dan diserahkan ke seseorang untuk membuang bukti (The Jerusalem Post)

Dilansir dari Jerusalem Post, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menuduh Saudi atas pembunuhan itu, mengklaim bahwa tubuh wartawan itu dimutilasi dan dikeluarkan dari konsulat. Erdogan menuntut agar Pemerintah Saudi mengungkap kisah lengkap pembunuhan Khashoggi dan mengungkapkan lokasi jenazahnya.

Otoritas Turki juga mengklaim bahwa mereka memiliki rekaman audio kematian Khashoggi, membuktikan dia dipukuli dan disiksa sebelum dimutilasi. Pihak berwenang mengatakan bahwa mereka percaya bahwa kematian itu direncanakan sebelumnya dan dilakukan oleh 15 orang.

Menurut Pemerintah Saudi, Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) sama sekali tidak terlibat pembunuhan itu, dan menyebut itu sebagai operasi nakal.

18 orang telah ditangkap dalam insiden itu, tiga yang bekerja di konsulat dan 15 lainnya adalah yang diklaim otoritas Turki datang ke negara itu untuk tujuan spesifik pembunuhan itu.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (iml/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Tubuh Khashoggi Dilaporkan Ditemukan di Taman Rumah Konsul Saudi