alexametrics

Putra Mahkota Arab Saudi Menyebut Pembunuhan Khashoggi Tindakan Keji

25 Oktober 2018, 10:15:53 WIB

JawaPos.com – Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman (MBS) mengatakan, pembunuhan terhadap jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di dalam Konsulat Saudi di Istanbul sebagai kejahatan keji yang tidak bisa dibenarkan. Dilansir dari Al Jazeera pada Kamis, (25/10), ia menegaskan, para pelaku akan dibawa ke pengadilan dengan bantuan dari hasil penyelidikan tim Turki.

MBS yang berbicara di acara  the Future Investment Initiative di Riyadh tersebut mengatakan, beberapa orang mencoba untuk merebut momen menyakitkan ini untuk memecah belah antara Arab Saudi dan Turki.

“Saya ingin mengirim pesan kepada mereka, Anda tidak akan dapat melakukan hal itu selama kita memiliki seorang raja bernama Salman bin Abdulaziz dan seorang Putra Mahkota Mohammed Bin Salman dan Presiden Turki bernama Erdogan. Keretakan tidak akan pernah terjadi. Kami akan membuktikan kepada seluruh dunia bahwa kedua negara bekerja sama untuk menghukum semua pelaku dan keadilan akan berada di atas segalanya,” ujar MBS.

Khashoggi, AS, arab saudi, trump, MBS, raja salman,
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan, Amerika Serikat telah mengidentifikasi beberapa orang di Pemerintah Saudi dan pejabat keamanan yang diyakini terlibat dalam pembunuhan Khashoggi (Picture-Alliance)

Jurnalis Al Jazeera Sinem Koseoglu melaporkan dari Ankara mengatakan, Presiden Recep Tayyip Erdogan berbicara dengan Raja Salman melalui telepon sebelum pidatonya di konferensi. Beberapa jam sebelum itu, Presiden Erdogan melakukan panggilan telepon dengan Raja Abdullah Yordania. Ada mediator yang mencoba membangun hubungan antara Turki dan Arab Saudi.

Sementara itu, pernyataan MBS pada hari Rabu muncul sehari setelah Presiden AS Donald Trump untuk pertama kalinya menyiratkan bahwa putra mahkota mungkin memiliki peran dalam pembunuhan itu. Arab Saudi telah mengalami tekanan yang semakin besar atas pembunuhan itu, yang juga telah menekan hubungan mereka dengan sekutu baratnya.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan, Amerika Serikat telah mengidentifikasi beberapa orang di Pemerintah Saudi dan pejabat keamanan yang diyakini terlibat dalam pembunuhan Khashoggi. Mereka akan mengambil tindakan yang tepat termasuk mencabut visa AS dari mereka.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (ina/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Putra Mahkota Arab Saudi Menyebut Pembunuhan Khashoggi Tindakan Keji