alexametrics

Kloter Kedua Migran Guatemala dan Honduras Tiba di Meksiko

25 Oktober 2018, 09:31:03 WIB

JawaPos.com – Lebih dari seribu migran menuju perbatasan Meksiko pada Selasa, (23/10). Ini merupakan kloter selanjutnya, setelah kloter pertama yang berjumlah ribuan orang tiba di perbatasan.

Para migram yang sebagian besar dari Honduras melarikan diri dari kekerasan dan kemiskinan yang melanda negaranya. Saat ini mereka berada di Kota Huixtla di negara bagian Chiapas, sekitar 50 km sebelah utara perbatasan Guatemala dan berjarak 1.800 km dari Amerika Serikat.

Pemerintah Meksiko mengatakan, mereka telah menerima 1.699 permintaan untuk status pengungsi, termasuk anak-anak. Pemerintah memperkirakan ada sekitar 4.500 orang dari total kelompok itu.

migran honduras, migran, AS, trump, migran jalan kaki, meksiko,
Pemerintah Meksiko mengatakan, mereka telah menerima 1.699 permintaan untuk status pengungsi, termasuk anak-anak. Pemerintah memperkirakan ada sekitar 4.500 orang dari total kelompok itu (Reuters)

Ratusan migran beristirahat di Huixtla pada hari Selasa, (23/10). Kelompok agama dan perusahaan menyumbangkan pakaian. Sedangkan otoritas lokal menyediakan vaksin, makanan dan minuman.

“Ketika kami mendengar mereka akan datang, kami bergabung. Orang-orang di Guatemala juga menderita kemiskinan. Jadi ini adalah kesempatan untuk meningkatkan kehidupan keluarga saya,” kata Elsa Romero, migran Guatemala.

Di negara tetangga, Guatemala, kelompok yang terpisah terdiri dari sedikitnya 1.000 migran, juga sebagian besar warga Honduras. Mereka berjalan perlahan dengan berjalan kaki dari kota Chiquimula di timur.

“Kami tahu ini tidak akan berakhir dalam beberapa hari, dan akan menjadi kisah yang panjang tentang migrasi ini,” kata Mauro Verzeletti, Direktur Casa Del Migrante, tempat penampungan migran di Guatemala City.

Dia mengatakan, tempat penampungan telah didatangi lebih dari 11.000 migran dalam seminggu terakhir.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (iml/JPC)



Close Ads
Kloter Kedua Migran Guatemala dan Honduras Tiba di Meksiko