JawaPos Radar

ISIS Ancam Penggal Bos Facebook

25/07/2018, 15:36 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
ISIS Ancam Penggal Bos Facebook
ISIS mengancam Bos Facebook Mark Zuckerberg (Daily Beast)
Share this

JawaPos.com - ISIS mengklaim telah meretas Facebook. Bahkan ISIS membuat poster mengerikan dengan gambar memenggal kepala Bos Facebook Mark Zuckerberg.

Seperti dilansir Mirror pada Selasa (24/7), ISIS mengaku telah menyebarkan poster dan foto-foto palsu Mark Zuckerberg yang dipenggal, satu poster dengan teks, 'Go to hell Mark.'

Perusahaan cybersecurity Sixgill mengatakan kepada Daily Star, kalau ancaman adalah bagian dari gelombang operasi teror online oleh United Cyber Caliphate (UCC). UCC dipahami sebagai kombinasi kelompok pro-ISIS yang telah bekerja bersama dengan mereka.

ISIS Ancam Penggal Bos Facebook
ISIS mengancam Bos Facebook Mark Zuckerberg (Reuters)

Teroris disebut meningkatkan operasi peretasan mereka sebagai bagian dari kampanye yang mereka sebut #OpTheWorld. Situs intelijen melaporkan bulan lalu, kelompok yang terkait ISIS telah mengklaim melakukan kompromi dengan sejumlah akun.

Sebagai bagian dari kampanye online, grup yang terhubung dengan ISIS mengklaim jika mereka telah berhasil menyerang banyak akun Facebook. Mereka dilaporkan telah mempublikasikan screenshot sebagai bukti dari halaman yang diretas.

Sejumlah situs web telah ditarget, tetapi Facebook tampaknya menjadi target terbesar. Sixgill mengatakan kepada Daily Star, "Kami berasumsi bahwa ISIS menargetkan Facebook untuk membalas terhadap tindakannya untuk menyensor konten dan kelompok pro-ISIS, dan pada tingkat yang lebih umum karena Facebook dilihat sebagai simbol Barat," ujarnya.

Pada 9 Juli, UCC mengklaim peretas yang berafiliasi dengan ISIS telah berhasil mengakses 213 situs.

(ina/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up