alexametrics

Dua Warga AS Anggota ISIS Ditangkap di Syria

25 Juli 2018, 15:05:08 WIB

JawaPos.com – Dua warga Amerika Serikat (AS) ditangkap dan ditahan di Syria karena bergabung dengan kelompok ISIS. Keduanya sekarang sedang dalam proses dipindahkan ke AS.

Salah satunya Ibrahim Musaibi, 28, yang berasal dari Michigan, AS. Dia adalah orang yang menyediakan dan memberikan dukungan berupa materi kepada ISIS.

“Dua warga AS yang didakwa dalam kasus terpisah, telah dipindahkan dari tahanan Pasukan Syria dan dibawa ke AS,” kata Juru Bicara Kementerian Kehakiman Wyn Hornbuckle dilansir CNN pada Rabu (25/7).

Dua Warga AS Anggota ISIS Ditangkap di Syria
Dua warga Amerika Serikat (AS) ditangkap dan ditahan di Syria karena bergabung dengan kelompok ISIS. Keduanya sekarang sedang dalam proses dipindahkan ke AS (Reuters)

Musaibli diduga mendukung ISIS sejak April 2015 hingga Juni 2018. “Kami akan menuntut siapa pun yang memberikan atau bahkan berupaya memberikan dukungan kepada teroris,” kata Jaksa Penuntut, Matthew Schneider.

Selain Musaibli, yang lainnya adalah Samantha Elhassani dan telah ditahan di Indiana karena memberikan pernyataan keliru kepada FBI. Elhassani bersama keempat anaknya yang masih kecil dan semuanya warga AS beserta anak-anaknya sekarang berada di tahanan Departemen Layanan Anak Indiana.

Putra Elhassani pernah muncul dalam video propaganda ISIS. Suaminya adalah seorang penembak jitu ISIS, namun pria itu tewas dalam serangan pesawat tak berawak.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan AS Sean Robertson mengatakan, Pentagon menyediakan pesawat untuk menerbangkan keduanya dari Syria ke AS. Pentagon menyatakan ada sekitar 600 anggota kelompok ekstremis dari 40 negara yang berada di tahanan pasukan Syria.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (ce1/iml/JPC)

Dua Warga AS Anggota ISIS Ditangkap di Syria