JawaPos Radar

Wah, Dubai Creek Masuk Nominasi Situs Warisan Dunia

25/06/2018, 19:10 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Wah, Dubai Creek Masuk Nominasi Situs Warisan Dunia
Selat ikonik Uni Emirat Arab, teluk kecil atau yang dikenal dengan Dubai Creek yang mengalir antara Bur Dubai dan Deira telah dikonfirmasi masuk sebagai salah satu dari 30 nominasi untuk daftar situs warisan dunia UNESCO (Gulf News)
Share this image

JawaPos.com - Salah satu objek wisata di Dubai berhasil masuk ke dalam nominasi daftar situs warisan dunia UNESCO. Selat ikonik Uni Emirat Arab, teluk kecil atau yang dikenal dengan Dubai Creek yang mengalir antara Bur Dubai dan Deira telah dikonfirmasi masuk sebagai salah satu dari 30 nominasi untuk daftar situs warisan dunia UNESCO yang terkenal tahun ini.

Komite Warisan Dunia saat ini sedang berunding mengenai situs mana yang harus dilindungi dan dilestarikan karena signifikan bagi budaya atau fisik mereka, seperti dilansir Gulf News pada Senin, (25/6). Setidaknya ada 30 lokasi yang dipertimbangkan untuk masuk dalam nominasi.

Daftar tersebut mencakup situs-situs dari seluruh dunia termasuk Katedral Naumburg di Jerman, Kota Kuno Qalhat di Oman, dan Kota Khilafah Mediha Azahara di Spanyol. Selama lebih dari seratus tahun yang lalu, Dubai Creek adalah pusat perdagangan berbasis pelabuhan.

Di Dubai Creek kapal, perahu, dan tongkang membawa kargo menuju Dubai. Menurut rekan peneliti untuk Studi Islam Senior di Pusat Oxford, Jeremy Jones, Dubai Creek adalah tempat asal mula di mana Dubai terbentuk.

"Salah satu anekdot terbaik, sekitar 100 tahun lalu Dubai mulai menawarkan keringanan pajak kepada para nelayan mutiara. Ini contoh sempurna tentang bagaimana Dubai memimpin," ujar Jones.

Sementara itu, sesi ke-42 Komite Warisan Dunia dijadwalkan akan dimulai pada 24 Juni hingga 4 Juli tahun ini.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up