alexametrics

Dibayangi Isu Myanmar, ASEAN Sepakat Usung Perdamaian Internasional

25 April 2021, 14:38:05 WIB

JawaPos.com – Para pemimpin negara-negara ASEAN yang bertemu pada Sabtu (24/4) di Jakarta, menegaskan bahwa perdamaian dan keamanan internasional adalah tujuan bersama di antara anggota. Negara-negara ASEAN berdiskusi secara mendalam salah satunya tentang perkembangan terkini di Myanmar.

“Kamu menyampaikan keprihatinan kami yang mendalam atas situasi di negara tersebut, termasuk laporan kematian dan eskalasi kekerasan. Kami mengakui positif ASEAN dan peran konstruktif dalam memfasilitasi solusi damai untuk kepentingan rakyat Myanmar dan mata pencaharian mereka,” tegas pernyataan Ketua ASEAN Leaders ‘Meeting 24 April 2021 Yang Mulia Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah, Sultan dan Yang Di-Pertuan Brunei Darussalam dalam pernyataannya.

Pertemuan tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk memajukan pembangunan Komunitas ASEAN, mempercepat pemulihan dari pandemi Covid-19 memperkuat hubungan eksternal ASEAN dan mengatasi masalah-masalah mendesak. Kepentingan bersama bagi semua Negara Anggota ASEAN.

Dalam pertemuan ditegaskan pentingnya memperkuat solidaritas dan ketahanan kawasan. Semangat persatuan, stabilitas, perdamaian abadi, keamanan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, kemakmuran bersama, dan kemajuan sosial penting untuk dicapai.

“Kami menegaskan kembali bahwa stabilitas politik di Negara-negara Anggota ASEAN sangat penting untuk mencapai Komunitas ASEAN yang damai, stabil, dan sejahtera. Kami menggarisbawahi perlunya mempertahankan persatuan, sentralitas, dan relevansi kita di kawasan dan untuk ditangani secara kolektif tantangan umum,” tegas pernyataan Ketua ASEAN.

Dalam hal ini, negara ASEAN sepakat menegaskan kembali komitmen kami terhadap tujuan dan prinsip yang diabadikan dalam Piagam ASEAN, termasuk kepatuhan terhadap supremasi hukum, pemerintahan yang baik, prinsip-prinsip demokrasi dan pemerintahan konstitusional, penghormatan terhadap kebebasan fundamental. Kami menyampaikan dukungan. Dengan prinsip ‘We Care, We Persiapkan, We Prosper’, yang berfokus pada pemanfaatan sifat peduli masyarakat di kawasan, negara ASEAN mempersiapkan cita-cita masa depan, dan memungkinkan kemakmuran yang berkelanjutan di wilayah yang tangguh.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads