alexametrics

Perbaiki Hubungan, PM Selandia Baru Siap Kunjungi Tiongkok

25 Maret 2019, 13:21:27 WIB

JawaPos.com – Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan, ia akan melakukan perjalanan ke Tiongkok pada akhir pekan ini. Dia akan bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di tengah kekhawatiran hubungan yang tegang antara kedua negara.

Ardern mengatakan, dia akan melakukan perjalanan ke Beijing pada hari Minggu. Dia pertama kali mengumumkan rencananya untuk mengunjungi Tiongkok pada tahun lalu, tetapi tidak ada tanggal yang diumumkan.

Hubungan dengan Tiongkok tegang di bawah pemerintahan Ardern yang secara terbuka telah meningkatkan kekhawatiran tentang pengaruh Beijing yang semakin besar di Pasifik Selatan. Ardern menolak tawaran lokal pertama telekomunikasi raksasa Tiongkok, Huawei untuk membangun jaringan seluler 5G.

Para pemimpin oposisi menyalahkan Ardern dan pemerintahnya atas dugaan memburuknya hubungan dengan Tiongkok. Mereka mengatakan, saat ini merupakan hubungan paling buruk yang pernah ada di antara kedua negara.

Ardern mengakui ada kerumitan dalam hubungan dengan Tiongkok. Namun ia menepis kekhawatiran keretakan dengan mitra dagang terbesar Selandia Baru itu.

Ardern mengatakan, perjalanan itu dipersingkat menjadi kunjungan satu hari setelah penembakan masal di dua masjid Christchurch yang menewaskan 50 orang.

“Sebelumnya kunjungan ke Tiongkok mau dilakukan lebih lama, termasuk delegasi bisnis ikut. Namun dalam situasi ini, sepertinya tidak tepat dan saya mengakui Tiongkok telah mengakomodasi kebutuhan itu,” kata Ardern pada konferensi pers.

Ardern juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Li Keqiang selama perjalanan dan akan kembali ke Selandia Baru pada hari Selasa. Pembicaraan akan mencakup diskusi seputar peningkatan perjanjian perdagangan bebas antara kedua negara serta masalah lainnya.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum

Copy Editor :

Perbaiki Hubungan, PM Selandia Baru Siap Kunjungi Tiongkok