alexametrics

NASA Pamerkan Momen Pendaratan di Mars yang Disebut Teror Tujuh Menit

25 Februari 2021, 17:05:53 WIB

JawaPos.com – Penggemar luar angkasa dapat tontonan impian Selasa (23/2). Mereka bisa melihat apa yang biasa disaksikan tim NASA. Yakni, pemandangan pendaratan alat penjelajah di planet Mars.

Alat penjelajah alias rover milik NASA bernama Perseverance itu baru saja berhasil mendarat di Mars Kamis pekan lalu (18/2). Rover tersebut dilengkapi 23 kamera untuk merekam kondisi planet merah tersebut. Baru kemarin lembaga antariksa asal AS itu membagikan rekaman video pertama kepada publik.

”Rekaman video mendaratnya Perseverance adalah hal terdekat yang bisa Anda saksikan tanpa harus mengenakan baju luar angkasa. Generasi muda yang memimpikan terbang ke angkasa wajib menontonnya,” ujar Thomas Zurbuchen, associate administrator Science Mission Directorate NASA, seperti yang dilansir CNN.

Ini bukan pertama kali NASA membagikan pemandangan Mars kepada dunia. Namun, teknologi alat penjelajah sebelumnya memang belum terlalu mutakhir. Film terakhir yang mereka bagikan hanyalah cuplikan file GIF yang digabungkan.

Sementara itu, Percy, sebutan rover itu, punya kamera perekam video dengan teknologi zoom dan kaya warna. NASA bahkan menyematkan perekam suara yang berhasil selamat dari tekanan lapisan atmosfer Mars. NASA pun mengunggah suara angin berembus di planet keempat dari matahari tersebut.

”Sekarang Anda bisa menyaksikan sendiri kenapa kami menyebut momen ini teror tujuh menit,” jelas Michael Watkins, direktur Jet Propulsion Laboratory NASA.

Penamaan momen itu bukan tanpa alasan. Para insinyur NASA harus mengalkulasi agar rover mereka tidak hanya bisa menembus atmosfer planet, tetapi juga tetap memastikan kecepatan mendarat tidak membuat alat mereka hancur.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (bil/c14/bay)

Saksikan video menarik berikut ini: