alexametrics

Waduh, Raja Ini Ditolak Masuk Catalunya

25 Februari 2019, 17:18:05 WIB

JawaPos.com – Ratusan orang turun ke jalan-jalan di Barcelona pada hari Minggu (24/2) untuk memprotes kunjungan Raja Spanyol, Raja Felipe VI ke wilayah Catalunya pekan kemarin. Mereka menolak kedatangan Raja Spanyol.

Catalunya sendiri diketahui merupakan wilayah yang melakukan upaya gagal untuk memisahkan diri pada tahun 2017 lalu melalui sebuah referendum.

Sejak saat itu, Raja Felipe VI telah menjadi tokoh polarisasi. Dia pernah membuat intervensi politik yang langka di puncak krisis pemisahan diri. Pada saat itu dia menyebut para pemimpin pro-kemerdekaan tidak bertanggung jawab dan tidak demokratis.

Raja Felipe VI kembali menjadi sorotan dengan mengunjungi ibu kota regional Barcelona pada hari Minggu (25/2) untuk mengadakan makan malam untuk pertemuan industri ponsel.

Menanggapi hal tersebut, kelompok separatis Catalunya turun ke jalan di pusat Barcelona memprotes langkah tersebut. Seperti dilansir RMOLco (Jawa Pos Grup), mereka juga membakar foto-foto Raja Spanyol dan memblokir jalan-jalan.

Para pengunjuk rasa membawa spanduk dengan slogan-slogan seperti “Hentikan Penindasan” dan “Rotten Bourbons”, mengacu pada rumah kerajaan Spanyol. Reuters mengabarkan, mereka juga melemparkan telur ke polisi daerah di Museu Nacional d’Art de Catalunya (MNAC) tempat makan malam diadakan.

Kehadiran raja di Barcelona datang pada saat yang sulit bagi politik Spanyol ketika dua belas pemimpin separatis Catalunya diadili di Madrid atas dorongan kemerdekaan.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Copy Editor :

Waduh, Raja Ini Ditolak Masuk Catalunya