JawaPos Radar

Pemerintah India Beri Implan Payudara Gratis untuk Orang Miskin

25/02/2018, 07:55 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Pemerintah India Beri Implan Payudara Gratis untuk Orang Miskin
()
Share this image

JawaPos.com - Provinsi Tamil Nadu, India, mungkin menjadi wilayah pertama di dunia yang menawarkan implan payudara gratis kepada warganya yang miskin. Departemen Kesehatan bagian Tamil Nadu pada Kamis (22/2) meluncurkan layanan gratis di sebuah klinik di Chennai, ibu kota Tamil Nadu.

Menteri Kesehatan Tamil Nadu C Vijaya Baskar mengatakan, layanan ini diberikan untuk menghentikan para perempuan mengambil jalan pinjaman atau sebenarnya tidak mampu mereka bayar. Malahan adapula yang memilih metode implan lain yang tidak aman. "Jika kami tidak menawarkan prosedur secara gratis, mereka mungkin memilih metode berbahaya atau mengambil pinjaman besar untuk itu," kata Baskar dilansir dari Indian Express.

Klinik tersebut telah menyediakan operasi rekonstruksi payudara untuk pasien kanker, namun sekarang memperluas layanan untuk orang-orang yang ingin mengubah ukuran payudara mereka karena alasan kesehatan atau kosmetik lainnya.

Kepala operasi plastik di klinik tersebut Dr V Ramadevi mengungkapkan, sejumlah pasiennya mencari cara untuk mengurangi ukuran payudara karena nyeri bahu dan punggung. Sementara yang lain berusaha memperbesar atau mengecilkan payudara mereka untuk meningkatkan kepercayaan diri.

"Ada keuntungan psikologis. Banyak gadis yang memiliki payudara lebih besar tidak suka keluar, tapi operasi ini harus dibatasi dari orang miskin saja," paparnya. Bahkan, prosedurnya juga tersedia untuk pria.

Popularitas bedah kosmetik perlahan tumbuh di masyarakat India. Ada sekitar 420 ribu penanganan dilakukan pada 2016, dibandingkan dengan sekitar 390 ribu enam tahun sebelumnya.

Menurut International Society of Aesthetic Plastic Surgery, ada sekitar 33 ribu operasi pembesaran payudara yang dilakukan di India pada 2016. Pemerintah Tamil Nadu memang dikenal dengan fasilitasnya yang royal terhadap penduduknya. Terutama di bawah mantan menteri utama mendiang Jayalalithaa, yang mempelopori kantin makanan gratis dan membagikan perhiasan pernikahan dan tempat-tempat bagi kaum miskin.

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up