JawaPos Radar

Ngeri, Tingkat Kematian Bayi Pakistan Duduki Peringkat 1 Dunia

25/02/2018, 11:17 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Ngeri, Tingkat Kematian Bayi Pakistan Duduki Peringkat 1 Dunia
Ilustrasi Bayi (Population Growth)
Share this image

JawaPos.com - Sejumlah laporan menyebutkan tingkat kematian bayi tertinggi terjadi di Pakistan. Terdapat 22 bayi meninggal dunia sebelum genap berusia satu bulan. Seperti dilansir CNN, Selasa, (20/2), negara dengan jumlah kematian bayi terendah adalah Jepang, hanya terdapat satu kematian di setiap kelahiran 1.111 bayi.

Bayi yang lahir di Pakistan hampir 50 kali mengalami kemungkinan meninggal sebelum genap satu bulan. Berbeda dengan bayi-bayi di Jepang atau Islandia yang menempati posisi kedua terendah soal kematian bayi.

Singapura menempati urutan ketiga terendah setelah Jepang dan Islandia menurut laporan tersebut. Di dalamnya juga menunjukkan tingkat kematian bayi yang baru lahir di AS dan Inggris lebih tinggi daripada negara lain, termasuk Kuba, Jerman, Israel, Korsel, dan Singapura.

Ngeri, Tingkat Kematian Bayi Pakistan Duduki Peringkat 1 Dunia
Pakistan (Reuters)

Sebuah laporan UNICEF berdasarkan data United Nations Inter Agency Group for Child Mortality Estimation yang terhitung sejak tahun 1990 sampai 2016 mencantumkan daftar 10 negara dengan tingkat kematian bayi tertinggi pada 2016 lalu. Antara lain Pakistan, Republik Afrika Tengah, Afganistan, Somalia, Lesotho, Guinea-Bissau, Sudan Selatan, Pantai Gading, Mali, dan Chad.

Kepala kesehatan di UNICEF Dr Stefan Peterson mengatakan, banyak negara tersebut dilanda perang, akses air bersih yang terbatas, juga terkena dampak bencana alam.

Sedangkan 10 negara dengan tingkat kematian bayi terendah adalah Jepang, Islandia, Singapura, Finlandia, Slovenia, Estonia, Siprus, Korea Selatan, Norway, dan Luksemburg.

Peterson menambahkan, negara-negara yang seharusnya memiliki kemampuan untuk mengatasi kualitas perawatan ibu dan bayi yang baru lahir.

Laporan UNICEF mencatat, kelangsungan hidup sangat terkait erat dengan pendapatan negara. Rata-rata negara yang berpenghasilan tinggi memiliki tingkat kematian bayi yang rendah dibandingkan negara yang berpenghasilan tinggi.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up