JawaPos Radar

Jelang Natal, 37 Orang Tewas Terbakar di Filipina

24/12/2017, 10:30 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Jelang Natal, 37 Orang Tewas Terbakar di Filipina
Kebakaran di Davao (AFP)
Share this image

JawaPos.com - Kebakaran terjadi di sebuah pusat perbelanjaan di Davao City di Pulau Mindanao, Filipina Selatan. Peristiwa ini setidaknya menewaskan 37 orang pada Minggu,  (24/12).

"Kebakaran dimulai di Mall NCCC pada hari Sabtu pagi. Orang-orang terjebak di dalam mal, termasuk di dalam call center yang berada di lantai atas," kata petugas polisi setempat, Ralph Canoy, dilansir AFP, Minggu, (24/12).

Kebakaran tersebut , ujar Canov, masih berlangsung hingga menjelang fajar di hari Minggu. Hampir 24 jam lamanya.

"Kebakaran dimulai dari lantai tiga yang menampung produk seperti kain, perabotan kayu, dan barang plastik. Akibatnya api cepat menyebar dan butuh waktu lama untuk memadamkan," kata  Canov.

Penyidik yakin beberapa dari mereka terjebak di call center yang beroperasi 24 jam sehari.

Presiden Rodrigo Duterte yang pernah menjabat sebagai Walikota Davao selama dua dekade mengunjungi mal tersebut pada Sabtu malam untuk menghibur para kerabat para korban.

Kebakaran ini menambah kesengsaraan bagi Filipina di malam natal ini, dengan badai tropis yang menewaskan 182 orang dan menggusur ribuan lainnya. Sekarang terjadi lagi kebakaran. Kebakaran yang mematikan ini terjadi intensif di Filipina, terutama di daerah kumuh dimana hampir tidak ada standar keselamatan kebakaran.

Ada juga kebakaran di gedung-gedung dan pabrik-pabrik akibat  korupsi dan eksploitasi. Standar keamanan yang benar tidak dilaksanakan.

(AFP/iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up