alexametrics

Muncul Isu Pemecatan Pemimpin Hongkong Carrie Lam

24 Oktober 2019, 13:23:50 WIB

JawaPos.com – Nasib Chief Executive Hongkong Carrie Lam di ujung tanduk. Berdasar laporan Financial Times (FT), Rabu (23/10), pemerintah Tiongkok berencana untuk mendepaknya tahun depan. Dia akan diganti dengan chief executive sementara.

Sumber FT mengungkapkan bahwa Beijing menunggu agar situasi di Hongkong lebih tenang. Dengan begitu, tidak ada penilaian bahwa Beijing menyerah pada tuntutan demonstran untuk memecat Lam. Begitu berita tersebut beredar, pemerintah pusat langsung menampiknya. Mereka menyebut berita itu sebagai rumor politik dengan motif terselubung.

“Pemerintah pusat sangat mendukung Chief Executive Hongkong Carrie Lam untuk mengakhiri kekerasan dan kerusuhan serta memulihkan ketertiban secepatnya,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hua Chunying seperti dikutip Agence France-Presse.

Sementara itu, parlemen Hongkong resmi mencabut RUU Ekstradisi yang memicu demonstrasi besar-besaran beberapa bulan terakhir. Demonstrasi tersebut menyebabkan sejumlah orang ditangkap dan terluka.

Editor : Edy Pramana

Reporter : sha/c10/dos



Close Ads