alexametrics

Kasus Khashoggi, Trump Sebut Erdogan Bersikap Kasar ke Saudi

24 Oktober 2018, 13:22:58 WIB

JawaPos.com – Presiden AS Donald Trump mengritik penanganan Arab Saudi atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi. Dilansir dari Al Jazeera pada Rabu, (24/10), Trump  mengatakan, bagaimana Saudi mencoba menutupi pembunuhan Khashoggi adalah cara penutupan terburuk yang pernah ada.

Ditanya oleh seorang wartawan di Gedung Putih bagaimana pembunuhan Khashoggi bisa terjadi, Trump mengatakan, mereka memiliki konsep asli yang sangat buruk. Itu dilakukan dengan buruk, dan menutup-nutupi adalah salah satu yang terburuk.

Kematian Khashoggi di Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober telah menyebabkan kemarahan negara-negara di dunia. Khashoggi, seorang kritikus dari Putra Mahkota Saudi Mohammad Bin Salman, adalah seorang warga dan kolumnis AS untuk The Washington Post.

Khashoggi, AS, arab saudi, trump, MBS, raja salman,
Di sisi lain, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, pembunuhan Khashoggi adalah pembunuhan yang bermotif politik yang direncanakan oleh para pejabat Saudi beberapa hari sebelumnya (Reuters)

Komentar Trump tentang insiden itu dalam beberapa hari ini berkisar dari mengancam Arab Saudi dengan konsekuensi sangat parah dan menyebutkan sanksi ekonomi yang mungkin. Padahal, Saudi adalah sekutu utama AS terhadap Iran, dan negara yang menjadi pembeli senjata dalam skala besar dari AS.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan, Washington telah mengidentifikasi beberapa individu yang bertanggung jawab atas pembunuhan Khashoggi dan sedang merencanakan hukuman. “Kami mengambil tindakan yang tepat,” kata Pompeo.

Hukuman ini termasuk pencabutan visa dan menerapkan sanksi individu di bawah hukum hak asasi manusia. “Hukuman ini tidak akan menjadi kata terakhir tentang masalah ini,” katanya.

Di sisi lain, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, pembunuhan Khashoggi adalah pembunuhan yang bermotif politik yang direncanakan oleh para pejabat Saudi beberapa hari sebelumnya. Menanggapi komentar Erdogan, Trump mengatakan, pemimpin Turki itu sangat kasar pada Saudi dan dia ingin mendapatkan semua fakta tentang pembunuhan Khashoggi sebelum menyetujui penilaian Erdogan tersebut.

Trump yang mengirim direktur CIA-nya ke Turki untuk membahas masalah itu mengatakan, dia berharap akan segera mendapat laporan. 

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (ina/JPC)

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Kasus Khashoggi, Trump Sebut Erdogan Bersikap Kasar ke Saudi