JawaPos Radar

PBB: Dana untuk Gaza Telah Habis

24/08/2018, 16:35 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
jalur gaza,pengungsi gaza
Kepala Politik PBB Rosemary Di Carlo mengutarakan kekhawatiran akan terjadinya peperangan antar Israel dan Palestina kepada Dewan keamanan (AFP)
Share this image

JawaPos.com - Persatuan Bangsa –Bangsa (PBB) menyatakan, dana untuk warga Gaza telah habis pada Rabu, (22/08). Mereka mengatakan, biaya yang habis tersebut untuk biaya kesehatan, air, dan kebutuhan-kebutuhan lain bagi penduduk di Jalur Gaza, Palestina.

Dilansir dari The Times of Israel, Dewan Keamanan PBB mengadakan pertemuan bulanan untuk mendiskusikan konflik antara Israel dan Palestina. Kepala Politik PBB Rosemary Di Carlo mengutarakan kekhawatiran akan terjadinya peperangan antar Israel dan Palestina kepada Dewan keamanan.

Dilaporkan bahwa PBB telah bekerja sama dengan Mesir untuk untuk menghentikan tindak kekerasan di Gaza. “kami fokus untuk mengumpulkan dana untuk menyokong bahan bakar yang terletak di 250 fasilitas. Kini dana itu telah habis,” kata Di Carlo.

jalur gaza, pbb
Persatuan Bangsa –Bangsa (PBB) menyatakan, dana untuk warga Gaza telah habis pada Rabu, (22/08). Mereka mengatakan, biaya yang habis tersebut untuk biaya kesehatan, air, dan kebutuhan lain (Reuters)

Sekretaris Umum PBB juga meningkatkan perhatiannya kepada permasalahan kesehatan di sana. Mereka menyatakan setelah habisnya 40 persen dari simpanan obat yang mereka miliki habis, mereka khawatir turunnya tingkat kesehatan yang ada di sana.

Di Carlo mendesak Hamas untuk memberikan informasi mengenai warga negara Israel yang ditahan di Jalur Gaza. Tercatat bahwa peningkatan kekerasan yang terjadi di sana berlangsung sejak adanya protes March of Return sejak Maret kemarin.

Terhitung ada 171 penduduk Gaza yang mati terbunuh oleh Israel sejak terjadinya konflik. Sejumlah baku tembak juga terjadi di kedua tempat.

Hamas mengatakan, ada satu orang Israel yang mati tertembak oleh penembak Palestina. Hamas menekankan bahwa pelaku penembakan merupakan anggota dari kelompoknya di sana.

Tercatat Hamas di Gaza juga telah meluncurkan ratusan mortar ke wilayan Israel. Mesir dan utusan PBB tengah menengahi kasus yang terjadi antara Israel dan Hamas yang telah berlangsung sejak tahun 2008.

(am1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up