alexametrics

Vaksin Baru dari Moderna, Diklaim Manjur Lindungi dari BA.4 dan BA.5

24 Juni 2022, 09:31:34 WIB

JawaPos.com – Efektivitas vaksin dipertanyakan seiring munculnya subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. Salah satu produsen Moderna Inc (MRNA.O) mengklaim memiliki versi terbaru dari vaksin Covid-19 yang dirancang untuk membendung varian Omicron BA.4 dan BA.5.

Vaksin ini juga diklaim menghasilkan respons imun yang kuat terhadap subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang menyebar cepat. Vaksin yang diperbarui itu adalah vaksin bivalen, artinya mengandung vaksin yang dirancang untuk menargetkan dua varian virus Korona yang berbeda. Moderna mengatakan vaksin terbaru menunjukkan perlindungan terhadap seluruh keluarga varian Omicron. Respons antibodi juga bakal naik.

“Ini adalah respons antibodi yang kuat,” kata Kepala Petugas Medis Moderna Paul Burton pada konferensi pers.

“Khasiatnya mungkin bertahan lama dan saya pikir kesimpulannya adalah bahwa peningkatan atau vaksinasi primer dengan (vaksin yang diperbarui) benar-benar dapat menjadi titik balik dalam perjuangan kita melawan virus SARS-cov-2,” tambahnya.

Moderna telah memproduksi vaksin yang diperbarui dengan biaya sendiri sebelum persetujuan peraturan, dan Kepala Eksekutif Stéphane Bancel mengatakan perusahaan dapat mulai memasok suntikan pada Agustus. Perusahaan berencana untuk mengajukan aplikasi ke regulator dalam beberapa minggu mendatang untuk meminta persetujuan vaksin menjelang musim gugur.

Dua subgaris keturunan, yang ditambahkan ke daftar pemantauan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Maret dan ditetapkan sebagai varian yang menjadi perhatian oleh Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa, menyumbang lebih dari sepertiga kasus di AS minggu lalu.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS berencana mengadakan pertemuan dengan para ahli pada minggu depan untuk membahas komposisi suntikan booster terbaik untuk musim gugur. Pfizer (PFE.N) dan BioNTech (22UAy.DE) juga sedang menguji beberapa kemungkinan vaksin Covid-19 yang disesuaikan dengan varian, termasuk kandidat bivalen yang mirip dengan milik Moderna.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: