alexametrics

Ahli Hongkong Sebut Vaksin Pfizer Lebih Manjur Dibanding Sinovac

24 Juni 2021, 07:37:54 WIB

JawaPos.com – Vaksin Barat dan vaksin Tiongkok acap kali dibandingkan. Menurut ahli Hongkong, orang yang divaksinasi Covid-19 dengan vaksin Pfizer-BioNTech bakal memiliki tingkat antibodi yang jauh lebih tinggi daripada mereka yang menerima suntikan Sinovac.

South China Morning Post melaporkan, mengutip sebuah penelitian di Hongkong, beberapa yang menerima vaksin Sinovac mungkin memerlukan suntikan booster ketiga. Ahli dan peneliti Profesor Benjamin Cowling, seorang ahli epidemiologi dari Universitas Hongkong (HKU) mengatakan studi itu ditugaskan pemerintah dilakukan oleh sekolah kesehatan masyarakat HKU dan melibatkan pelacakan respons antibodi dari 1.000 orang yang menerima salah satu vaksin.

Data Indonesia juga menjadi perbandingan dimana ada lebih dari 350 pekerja medis telah tertular Covid-19 meski telah divaksinasi dengan Sinovac dan puluhan lainnya dirawat di rumah sakit. Ahli Hongkong menilai Pfizer lebih manjur dibanding Sinovac.

Sebelumnya pada Juni, Uruguay merilis data dunia nyata tentang dampak vaksin Sinovac di antara populasinya. Hasilnya menunjukkan lebih dari 90 persen efektif dalam mencegah penerimaan dan kematian perawatan intensif.

Pemerintah Uruguay juga mempelajari keefektifan vaksin Pfizer-BioNTech di antara 162.047 petugas kesehatan dan orang-orang di atas 80 tahun. Mereka mengatakan bahwa suntikan itu 94 persen efektif untuk mencegah masuk dan kematian di unit perawatan intensif, dan mengurangi infeksi hingga 78 persen.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads