Ahli Kanada Sebut Omicron Picu Seseorang Kena Covid-19 Beberapa Kali

24 Mei 2022, 04:35:09 WIB

JawaPos.com – Meski kasus Covid-19 mulai menurun, tetapi kemungkinan seseorang terinfeksi kembali masih mungkin terjadi. Hal itu terutama jika seseorang pernah terkena varian Omicron.

“Selama itu menular di komunitas, selalu ada kemungkinan,” kata profesor klinis di sekolah populasi dan kesehatan masyarakat Universitas British Columbia, Kanada, Stephen Hoption Cann, mengatakan kepada Global News.

Tertular Omicron lebih dari sekali juga tampaknya lebih mungkin dibandingkan dengan varian lainnya. Maka jika tertular Omicron bisa saja terkena Covid-19 berulang kali.

“Varian Omicron, khususnya, tampaknya akan menginfeksi kembali orang berulang kali,” kata Profesor Genetika Medis di sekolah teknik biomedis Universitas British Columbia, mengatakan kepada Global News. “Ini sedikit lebih seperti virus flu biasa yang cenderung menginfeksi saluran udara bagian atas,” tambahnya.

Tidak seperti Omicron, varian virus lainnya cenderung menginfeksi seseorang di saluran udara. Asisten direktur Alberta Health, Lisa Glover juga mengatakan infeksi ulang telah meningkat sejak Omicron menjadi varian yang dominan.

“Risiko infeksi ulang dari Omicron jauh lebih tinggi daripada varian sebelumnya lainnya,” kata Glover.

Mengapa Bisa Berulang?

Faktor utama yang meningkatkan kemungkinan infeksi ulang adalah berkurangnya kekebalan dari infeksi sebelumnya. Terlepas dari variannya, McNagny mengatakan vaksinasi akan memberikan tingkat perlindungan yang lebih tinggi terhadap infeksi ulang. Selain vaksinasi, membawa kembali kewajiban pakai masker juga bisa berarti lebih sedikit orang yang akan terinfeksi kembali virus tersebut.

“Segera setelah kita mulai membuang masker, tingkat infeksi mulai naik kembali,” tambahnya.

Di tempat-tempat di mana banyak tindakan kesehatan masyarakat telah dihapus, tingkat penularan Covid-19 meningkat kembali. Kebiasaan mematuhi protokol kesehatan membantu mengurangi penyebaran Covid-19.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads