alexametrics

32 Warga Tiongkok Tewas Kecelakaan Bus, Kim Jong Un Sedih!

24 April 2018, 11:00:52 WIB

JawaPos.com – Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un mengunjungi Kedutaan Besar Tiongkok di Pyongyang pada Senin (23/4). Ia hadir untuk menyampaikan simpati dan belasungkawa atas kecelakaan bus yang menewaskan 32 wisatawan Tiongkok.

Kim mengatakan, kecelakaan itu tak terduga dan meninggalkan duka di hatinya. “Saya tidak bisa mengendalikan kesedihan saya, memikirkan keluarga-keluarga yang berduka yang kehilangan sanak-saudara mereka,” katanya seperti dilansir Reuters, Selasa, (24/4).

Kecelakaan bus itu terjadi pada Minggu (22/4). Sebuah bus jatuh dari sebuah jembatan di Provinsi Hwanghae Utara. Empat warga Korut juga tewas dalam kecelakaan itu.

32 Warga Tiongkok Tewas  Kecelakaan Bus, Kim Jong Un Sedih!
Bus jatuh dari jembatan di Korut tewaskan 32 warga Tiongkok, 4 warga Korut (Sky News)

Tiongkok adalah pendukung ekonomi dan diplomatik Korut yang paling penting. Hubungan itu tetap akur meskipun Beijing sempat dibuat marah karena banyaknya uji coba rudal dan nuklir yang dilakukan Pyongyang.

Duta Besar Tiongkok untuk Korut Li Jinjun mengatakan, Presiden Tiongkok Xi Jinping dan keluarga korban kecelakaan akan diberi tahu tentang kunjungan Kim. Ia juga mengunjungi rumah sakit tempat korban cedera dirawat.

Kim mengatakan, partai dan Pemerintah Korut akan mengambil langkah-langkah sebagai tindak lanjut atas kecelakaan itu. Menurutnya, hal itu dilakukan dengan sangat tulus untuk meringankan penderitaan keluarga yang berduka.

Sekitar 80 persen dari semua pengunjung asing ke Korut adalah wisatawan dari Tiongkok. Dari wisatawan itu pariwisata di Korut menghasilkan pendapatan tahunan sekitar 44 juta USD.

Hubungan bilateral antara Korut dan Tiongkok menunjukkan tanda-tanda membaik. Apalagi setelah Kim Jong Un melakukan kunjungan mendadak ke Beijing pada Maret, ia bertemu dengan Xi Jinping dan berjanji untuk denuklirisasi Semenanjung Korea.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ina/ce1/iml/trz/JPC)



Close Ads
32 Warga Tiongkok Tewas  Kecelakaan Bus, Kim Jong Un Sedih!