alexametrics

Barat Minta Putin Dicoret dari KTT G20 di Bali, Ini Sikap Kemenlu RI

24 Maret 2022, 12:45:41 WIB

JawaPos.comPresiden Rusia Vladimir Putin berencana menghadiri KTT G20 yang diselenggarakan di Bali, Indonesia, pada tahun ini. Duta besar Rusia untuk Indonesia memastikan kedatangan Putin. Hanya saja, negara-negara Barat mencoba untuk mendesak agar Rusia dicoret dari G20.

“Itu akan tergantung pada banyak, banyak hal, termasuk situasi Covid-19 yang semakin baik. Sejauh ini, niatnya adalah dia (Putin, Red) ingin (datang),” kata Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, tentang kehadiran Putin seperti dilaporkan Washington Post.

Forum G20 di Bali pada Oktober mendatang akan fokus pada masalah ekonomi dan bukan pada perang di Ukraina. Ia menyadari ada upaya untuk mengusir Rusia dari klub ekonomi global.

“Tidak hanya G20, banyak organisasi di Barat sekarang mencoba untuk mengusir Rusia,” kata Vorobieva. “Reaksi Barat benar-benar tidak proporsional,” ungkapnya.

Dia mengatakan bahwa mengeluarkan Rusia dari forum ekonomi akan mempersulit negara-negara untuk memecahkan masalah ekonomi global. Vorobieva juga memuji posisi tegas Indonesia dan mendesaknya untuk tidak menyerah di bawah tekanan Barat.

Sikap Kemenlu RI

Kementerian Luar Negeri RI enggan menanggapi permintaan Barat mencoret Rusia. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah menolak berkomentar.

“Belum ada yang bisa disampaikan,” kata Fauzasyah kepada JawaPos.com, Kamis (24/3).

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads