alexametrics

Thailand Laksanakan Pemilu Hari Ini

24 Maret 2019, 15:57:36 WIB

JawaPos.com – Rakyat Thailand datang ke berbagai tempat pemungutan suara pada Minggu (23/3). Mereka melaksanakan pemilihan umum yang tertunda lama setelah kudeta pada 2014.

Jumlah pemilih diperkirakan cukup tinggi di antara 51,4 juta warga Thailand yang memenuhi syarat untuk memilih Dewan Perwakilan Rakyat yang memiliki 500 kursi. Mereka memilih pemerintah berikutnya bersama dengan Senat yang ditunjuk sepenuhnya oleh junta yang berkuasa.

thailand, pemilu, pemilu thailand,
Thailand telah berada di bawah pemerintahan militer langsung sejak Panglima Prayuth Chan Ocha menggulingkan pemerintah terpilih yang terkait dengan Thaksin (Dyah Ratna Meta Novia/JawaPos.com)

Thailand telah berada di bawah pemerintahan militer langsung sejak Panglima Prayuth Chan Ocha menggulingkan pemerintah terpilih yang terkait dengan mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra yang diasingkan. Thaksin sendiri diusir oleh tentara pada tahun 2006.

Para kritikus mengatakan, sistem pemilihan baru yang dibuat junta memberikan keuntungan bagi partai-partai pro-militer dan tampaknya dirancang untuk mencegah Partai Pheu Thai yang terkait dengan Thaksin untuk kembali berkuasa di negeri gajah putih tersebut.

Seperti dilansir Reuters, partai-partai pro-Thaksin telah memenangkan setiap pemilihan sejak tahun 2001. Namun selama 15 tahun terakhir mereka telah menyaksikan protes jalanan yang melumpuhkan dan mengganggu stabilitas pemerintah dan bisnis.

Partai Prayuth berkampanye untuk menjaga ketertiban dan menjunjung tinggi nilai-nilai tradisional kesetiaan dan pengabdian kepada raja.

“Saya senang melihat warga keluar dan menggunakan hak pilih mereka,” kata partai Prayuth dilansir dari Reuters. “Saya ingin melihat cinta dan persatuan. Setiap orang memiliki satu suara, satu suara. Semua orang menginginkan demokrasi. “

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum



Close Ads
Thailand Laksanakan Pemilu Hari Ini