alexametrics

Kekeringan Parah Australia, Warga: Saya Menembak 50 Domba Lebih

24 Februari 2019, 16:27:56 WIB

JawaPos.com – Sebagian besar Australia Timur mengalami kekeringan hebat selama berbulan-bulan, melumpuhkan komunitas pertanian. Dilansir dari BBC beberapa hari lalu, UNICEF mengatakan, anak-anak di daerah kekeringan menjadi anak-anak yang tangguh namun menanggung korban psikologis yang terus bertambah.

Banyak anak mengalami hari-hari yang panjang dan penuh tekanan karena menyaksikan ketegangan orantua dalam mengurus ternak mereka pada musim keekringan yang panjang. “Beban kerja untuk anak-anak di dan di luar pertanian telah meningkat secara drastis. Hanya menyisakan sedikit waktu untuk tugas sekolah dan hampir tidak ada waktu untuk bermain.”

Seorang siswa sekolah menengah mengatakan kepada para peneliti, “Sebelum awal tahun ini saya tidak pernah menembak seekor domba dalam hidup saya. Namun tahun ini saya menembak sekitar 50 atau lebih domba, rasanya hal itu menjadi hal yang normal sekarang,” ujarnya.

kekeringan, kekeringan di australia, australia,
Sebagian besar Australia Timur mengalami kekeringan hebat selama berbulan-bulan, melumpuhkan komunitas pertanian (ABC News)

Sementara siswa lain menggambarkan tingkat stres yang tinggi di rumah. Unicef merilis laporan usai mewawancarai anak-anak berusia 5-16 tahun dari komunitas pedesaan di New South Wales, Australia. Negara bagian yang sepenuhnya terkena dampak kekeringan parah.

Kurangnya waktu yang berkualitas dihabiskan bersama orangtua dan saudara kandung. Ketakutan tentang pendidikan masa depan dan prospek pekerjaan mereka membuat anak-anak merasa cemas.

Laporan itu juga menyatakan, anak-anak sangat ingin membantu keluarga dan komunitas mereka menghadapi kekeringan parah.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna

Copy Editor :

Kekeringan Parah Australia, Warga: Saya Menembak 50 Domba Lebih