alexametrics

Kekeringan dan Kecemasan Finansial Jadi Salah Satu Alasan Bunuh Diri

24 Februari 2019, 16:04:38 WIB

JawaPos.com – Kekeringan, kecemasan finansial, dan intimidasi dunia maya disebut sebagai alasan yang memungkinkan terjadinya peningkatan jumlah kasus bunuh diri di Australia. Dilansir dari SBS beberapa waktu yang lalu, lonjakan tetap terjadi meskipun ada peningkatan dana untuk pencegahan bunuh diri, mendorong seruan kepada pemerintah federal untuk menetapkan target nasional untuk mengurangi angka bunuh diri sebesar 25 persen dalam lima tahun.

Peningkatan angka kejadian bunuh diri digambarkan sebagai tragedi nasional. Angka-angka terbaru dari Biro Statistik Australia tentang penyebab kematian menunjukkan bahwa pada tahun 2017, terdapat 3.128 orang meninggal karena bunuh diri. Angka itu naik 9,1 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Jumlah itu setara dengan 8,6 – 12,6 orang mengambil nyawanya sendiri dalam setiap 100.000 orang, tingkat yang sama-tertinggi dalam satu dekade. CEO Lifeline John Brogden mengatakan, lonjakan itu terjadi meskipun ada peningkatan dana untuk pencegahan bunuh diri.

kekeringan, kekeringan di australia, australia, bunuh diri,
Kekeringan telah diasumsikan sebagai salah satu faktor dibalik peningkatan ini, tidak ada yang tahu pasti (News.com)

“Ada lebih banyak uang selama beberapa tahun terakhir di tingkat negara bagian dan federal dari kedua sisi politik. Kami melakukan lebih baik dalam hal pendanaan, tetapi kami tidak melihat hasilnya. Faktanya, keadaan kami semakin buruk, lebih banyak dana dan lebih banyak bunuh diri, ”kata Brogden.

Kekeringan telah diasumsikan sebagai salah satu faktor dibalik peningkatan ini, tidak ada yang tahu pasti. Brogden punya teori. “Tingkat utang orang Australia yang sangat besar menciptakan tekanan yang luar biasa pada orang-orang. Mereka memiliki utang besar terutama di kota-kota, dan mereka khawatir kehilangan pekerjaan dan mereka khawatir tidak bisa membayar hipotek mereka. Saya pikir beberapa dari itu menambah tekanan yang ada pada orang-orang di Australia tetapi tidak ada yang benar-benar tahu mengapa itu meningkat,” tambah Brogden.

Layanan dukungan Lifeline mendesak Australia untuk mengikuti jejak Skotlandia dan mengadopsi target nasional untuk mengurangi bunuh diri sebesar 25 persen dalam lima tahun. Pada tahun 2002, kampanye Choose Life Skotlandia menetapkan tujuan untuk mengurangi bunuh diri sebesar 20 persen dalam sepuluh tahun.

Mereka nyaris, mencapai pengurangan 18 persen pada 2013. Brogden mengatakan, target akan membuat pemerintah dan masyarakat lebih bertanggung jawab.

Salah satu contoh cerita, sepuluh tahun yang lalu, Hayley Purdon ingin mengakhiri hidupnya sendiri. “Apa yang menyebabkan saya ingin bunuh diri, karena saya sangat tertekan, menderita kelainan makan, dan kecemasan parah.”

“Kadang-kadang saya bahkan tidak bisa meninggalkan rumah. Menjadi tak tertahankan sampai pada titik di mana saya tidak bisa menghadapi hidup lagi dan bunuh diri menjadi satu-satunya pilihan saya, ”kata Purdon.

Dia selamat dan sekarang bekerja dengan organisasi pencegahan bunuh diri Roses in the Ocean, terdiri dari orang-orang yang memiliki pengalaman hidup bunuh diri.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna

Copy Editor :

Kekeringan dan Kecemasan Finansial Jadi Salah Satu Alasan Bunuh Diri