JawaPos Radar

Mei, AS Buka Kedutaannya di Kota Yerusalem

24/02/2018, 11:59 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Mei, AS Buka Kedutaannya di Kota Yerusalem
Kota Suci Yerusalem (Guardian)
Share this image

JawaPos.com - Amerika Serikat (AS) mengumumkan akan membuka kedutaan besarnya di Yerusalem pada Mei 2018. Rupanya AS benar-benar serius mau membuka kedutaannya di kota suci tersebut meskipun banyak menuai penolakan dari berbagai negara di dunia.

"Kami sangat antusias mengambil langkah bersejarah ini. Kami berharap semoga bisa dibuka di bulan Mei," kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Heather Nauert, Jumat (23/2).

Pembukaan itu, ujar dia, dilakukan bersamaan dengan ulang tahun Israel yang ke-70. Kedutaan ini adalah kedutaan sementara dan akan diperluas secara bertahap.

Mei, AS Buka Kedutaannya di Kota Yerusalem
Kota Suci Yerusalem (Reuters)

Kedutaan AS permanen di lingkungan Arnona akan dibangun dan menjadi rencana jangka panjang AS.

Kedutaan sementara akan memiliki ruang kantor untuk duta besar dan para stafnya. Pada 2019, kedutaan baru di kompleks Arnona baru akan dibuka.

Konsulat di Yerusalem Timur akan terus melayani warga Palestina. Untuk alasan keamanan, Duta Besar AS David Friedman akan terus tinggal di kediamannya di Herzliya, utara Tel Aviv, dan melakukan perjalanan ke kedutaan yang direlokasi.

Pembukaan kedutaan pada Mei dijadwalkan lebih awal dari yang diperkirakan setelah Wakil Presiden AS Mike Pence mengatakan pada parlemen Israel bahwa langkah tersebut akan dilakukan pada akhir 2019.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sangat gembira dengan pengumuman itu. Ia mengatakan, ini menjadi hari yang besar bagi warga Israel.

Selain itu, Presiden AS Donald Trump mengatakan, ia harus melakukannya walaupun mendapat tekanan yang besar dari berbagai negara. "Saya bilang kita harus melakukannya.

Ini hal yang benar untuk dilakukan. Ini hal yang benar untuk dilakukan, kita harus melakukannya. Dan saya melakukannya," katanya.

(ce1/iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up