alexametrics

Dubes Tiongkok untuk Indonesia: Penduduk Wuhan Telah Diisolasi

24 Januari 2020, 14:45:37 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Indonesia telah melakukan antisipasi terkait penyebaran virus korona. Virus yang awal mulanya muncul di Wuhan, Tiongkok, tersebut telah menjadi perhatian banyak pihak karena penyebarannya masif.

Terkait penyebaran virus korona, Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Xiao Qian, mengatakan penduduk Wuhan sudah diimbau untuk tidak pergi ke mana-mana. Hal itu dia katakan saat melakukan pertemuan dengan Wakil Ketua MPR, Syarief Hasan, Jumat (24/1).

Bisa dibilang penduduk Wuhan telah diisolasi. Menurut Xiao Qian, tindakan itu untuk mencegah terjadinya penyebaran virus. “Jadi warga Wuhan tak meninggalkan daerahnya,” ujar Xiao Qian di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (24/1).

Lebih lanjut, Xiao juga berpesan supaya penduduk luar sementara jangan datang ke Wuhan. Sehingga penyebaran virus tersebut bisa ditekan. Termasuk transportasi di Wuhan juga sudah dikontrol oleh pemerintah.

“Orang-orang dari daerah lainnya tidak pergi ke Wuhan. Transportasi publik akan kami kontrol dalam batas waktu yang belum ditentukan,” katanya.

Xiao Qian menambahkan, Tiongkok juga telah bekerja sama dengan World Health Organization (WHO) untuk menangani virus korona. “Kami bekerja sama dengan WHO melalui data dan teknologi untuk menemukan solusinya,” katanya.

Seperti diketahui sebuah virus misterius yang menyebabkan masalah paru-paru atau pneumonia merebak di Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, Tiongkok sejak Desember 2019. Peneliti mengidentifikasi virus tersebut sebagai virus korona jenis baru. WHO menamainya Novel Coronavirus dengan kode 2019-nCoV.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads